Mahasiswa STIE Yasa Anggana Jadi Inisiator “Kampung Selfie”

garutexpress.id- Dalam kegatan Kuliah Kerja Nyata Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM 2019) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yasa Anggana  Garut menginisiasi terwujunya kampung unik yang dinamai “Kampung Selfie.”

Kampung unik tersebut berada dimana para intelektual muda ini menggelar KKN PPM, tepatnya di Desa Jahiang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui, di penghujung tahun ajaran 2019 STIE Yasa Anggana Garut sedikitnya telah mengirimkan 521 mahasiswa di sejumlah wilayah di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Salah satunya kelompok KKN PPM 2019 STIE Yasa Anggana yang boleh dibilang kreatif ini bertugas di kawasan Desa Jahiang Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kegiatannya, para caon sarjana ini mengemban tujuan sebagaimana tertuang dalam tema kegiatan, yakni pengembangan potensi produk lokal dan pengembangan paradigma desa membangun sesuai semangat UU tahun 2014 tentang Desa.

Salah satu hal yang menjadi konsen para mahasiswa dalam kegiatan tersebut di antaranya menggali potensi unggulan di kawasan pedesaan. Terkait hal tersebut, kelompok KKN PPM di Desa Jahiang telah berhasil mengidentifikasi masalah dalam rangka terbentuknya inisiasi kawasan wisata.

Yang diinisiasi para mahasiswa STIE Yasa Anggan di areal seluas kurang lebih 15 Hektare adalah desa wisata yang dinilai “instagramable.”

Asep Rahmat Kartono selaku ketua Kelompok KKN PPM STIE  Yasa Anggana, menegaskan pentingnya  mengelola kawasan wisata di desa. Maka, munculah ide untuk mewujudkan program  Inisiasi Kampung Selfie.

“Program ini bertujuan membangun kesadaran masyarakat sekitar. Harapannya, kedepan mereka bisa membentuk kelompok sadar wisata,  untuk mengelola area tadi. Maka terpilihlah Kampung Padacinta yang terletak di Dusun 1 Desa Jahiang,” ungkapnya.

Diharapkannya, kedepan para pengunjung sebelum masuk ke kawasan wisata, sebagai pembuka wisata disuguhi spot selfie di “Kampung Selfie.”  (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here