Leuweung Oko Terus Berbenah, Akses Jalan Refresentatif Mulai Dibangun

garutexpress.id-  Wahana wisata Leuweung Oko terus berbenah untuk memanjakan pengunjungnya. Saat ini, wahana wisata alam yang berlokasi di kawasan Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut tersebut mulai merehabilitasi akses jalan utama menuju Leuweung Oko.

Selama ini, akses jalan kerap dikeluhkan pengunjung. Menanggapi keluhan para wisawan ini, pihak pengelola langsung meresponya dengan memprioritaskan pembangunan akses jalan menuju Leuweuh Oko.

Jarak tempuh menuju wisata Leuweung Oko, lumayan jauh, jika ditempuh dari jalan raya. Sebelumnya, jarak yang lumayan jauh, ditambah buruknya kondisi jalan sempat membuat jumlah wisatawan ke Leuweuh Oko mengalami penurunan.

Berbeda saat wahana wisata hutan pinus ini mulai dibuka, pengunjung yang datang begitu membludak, terutama di hari libur. Seiring waktu berjalan, setahun belakangn ini, wisatawan yang berkunjung jumlahnya anjlok. Wajar saja, kondisi jalan berbatu membuat wisatawan enggan datang ke Leuweung Oko, apalagi di saat musim hujan.

Dua bulan  kedepan, keluhan-keluhan tersebut akan segera dijawab. Jalur wisata Leuweung Oko sepanjang 1,2 km  akan segera dibangun.

Menurut, salah seorang staf  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Deni Ramdani, perencanaan pembangunan jalur wisaata Leuweung Oko, sebenarnya sudah dirancang sejak  tahun 2018, dan terealisasikan di tahun 2019 ini.

“Untuk pengerjaannya akan dilaksanakan dengan sistem rabat beton. Sedangkan lebarnya mencapai 3 meter dengan ketebalan 15 cm. Pembangunan rabat beton jalur wisata leuweung k akan menelan biaya Rp 900 jutaan,” ungkapnya, Selasa (9/7/2019)

Sementara ini, pihak PUPR bersama konsultan dan pihak ketiga yang akan mengerjakannya. “Sudah melakukan beberapa persiapan, seperti pengukuran dan penghitungan kebutuhan di lapangan. Pengerjaannya akan dimulai pada bulan ini (Juli) dan di targetkan selesai dalam waktu 120 hari,” imbuhnya.

Dengan di bangunnya jalur wisata Leuweung Oko, Camat Selaawi, Ridwan Effendi berharap, kedepannya lokasi wisata ini bisa menjadi salah satu lokasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan.

“Leuweung Oko sebenarnya mempunyai potensi yang ukup bagus untuk bisa sejajar dengan tempat wisata-wisata yang sudah nge-trend di Kabupaten Garut. Hanya saja, saat ini masih banyak yang harus di benahi, termasuk akses jalannya. Alhamdulillah, kini jalur ke wisata kebanggaan warga Selaawi ini akan segera dibangun, bahkan, sekarang sudah nampak ada tihang listrik di sepanjang jalur Leuweung Oko. Itu semua akan menjadi salah penunjang penting yang bisa mendongkrak popularitas wisata Leuweung Oko,” paparnya.

Camat Selaawi merasa optimis, dengan akses jalan yang mulus, penerangan memadai, ditambah lagi dengan pengelolaan atau manajemen wisatanya ditingkatkan, wahana wisata Leueweung Oko ini akan menjadi besar, kelak.

“Saya optimis, jika wisata Leuweung Oko akan menjadi besar kelak. Pembangunan ini akases jalan ini merupakan bentuk upaya pemerintah dengan semua lapisan masyarakat untuk memajukan daerah dengan mengoptimalkan potensi lokal yang di miliki. Mudah-mudahan saja, semua harapan kita bisa terwujud, asalkan didukung dengan semangat kebersamaan dari semua unsur,”  pungkasnya. (*)

Penulis   : Useu G Ramdani

Editor    : Kang Cep

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here