Janda Renta Ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Reyot, Akankah Pemerintah Peduli ?

garutexpress.id- Tubuhnya tampak ringkih,agak membungkuk. Usianya memang sudah senja, bahkan janda renta ini mengaku telah berusia lebih dari seabad. Ia kini menjalani masa tuanya sebatang kara di sebuah gubuk reyot di kawasan Kampung Barukai, Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Mak Emi, demikian janda renta yang kerap berpakaian lusuh ini biasa disapa warga sekitar. Hidupnya jauh dari kata sejahtera, bahkan Ia harus hidup di sebuah gubuk bambu dengan ancaman sesekali bisa ambruk.

Mak Emi, tergopoh-gopoh saat dikunjungi Tim Jejak Karuhun Garut dan Assosiasi Usaha Daya Tarik Wisata Kabupaten Garut didampingi Tokoh Pemuda Desa Sukamenak, Minggu (7/7/2019).

” Emak di sini sudah sepuh tahun tinggal sendirian. Suami Emak sudah meninggal. Emak tak punya anak. Kini ema tidak ada saudara satupun,” ungkap Mak Emi, lirih.

Mak Emi sendiri tinggal di sebuah gubuk yang takk layak huni berukuran tak lebih dari 3X4 meter. Sementara, gubuknya tersebut berdiri di atas tanah milik carik Desa Sukamenak.

Menurut Sumarni (40) tentangga Mak Emi, saat ini Mak Emi hanya bisa meununggu belas kasihan tentangganya untuk bisa bertahan hidup. Dengan kondisi fisiknya yang sudah uzur, praktis Mak Emi tak bisa beraktivitas secara normal.

“Karena Mak Emi kan sudah tua dan sudah tidak mampu lagi untuk bekerja, hanya belas kasihan warga sekitarlah yang bisa membantu kebutuhan makan seharihari Mak Emi. Kadang dari saya kadang dari tetangga yang lain,” ungkap Sumarni, mengisahkan kondisi Mak Emi kepada Adies, tokoh pemuda Desa Sukamenak yang saat itu meyambangi gubuk Mak Emi bersama Anton Ketua Assosiasi Usaha Daya Tarik Wisata Kabupaten Garut.

Anton Galuma, berharap, kondisi Mak Emi dapat diperhatikan pemerintah. Atau siapapun yang peduli dengan kondisi janda renta ini. “Mudah-mudahan pemerintah Kabupaten Garut bisa memberikan bantuan kepada Mak Emi,” harapnya. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here