Jalan A Yani- Ciledug Lengang, Aparat Gabungan Jaga Ketat Kawasan Pengkolan Garut

SUASANA Jalan A Yani,-Ciledug kawasan Gariut kota tampak lengang usai penertiban PKL,, Rabu (10/7/2019)***

garutexpress.id- Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Jalan A Yani hingga jalan Ciledug atau dikenal “Pengkolan” terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Garut. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibantu TNI, Polri serta Dinas Perhubungan (Dishub) menjaga ketat kawasan Pengkolan dan sekitarnya.

Sebelumnya, mulai pukul 06.00 WIB tim gabungan yang dipimpin Asisten Perekonomian, Hj.Yatie Rohayati kembali menertibkan sejumlah lapak PKL yang masih menggelar dagangannya di kawasan tersebut, Rabu (10/7/2019).

Kepada beberapa awak media, Yatie Rohayati menyampaikan, inti dari penertiban PKL yang dilakukan Pemkab Garut di kawasan tersebut adalah untuk menciptakan K3 di kawasan perkotaan. K3 yang dimaksud Hj Yatie adalah kebersihan, ketertiban dan keindahan.

”Ini sesuai dengan Perda tentang K3 dimana Jalan Ahmad Yani merupakan zona merah bagi para PKL. Di sini Satpol PP dengan didukung SKPD serta institusi vertikal TNI-Polri menegakkan perda No 18 Tahun 2017,″ ujar mantan Kadisbudpar Garut ini, disela-sela penertiban kawasan Pengkolan.

Menurutnya, penertiban ini sebenarnya bukan Pemkab melarang perdagang para PKL. Namun, Pemkab Garut sesuai dengan Peraturan Presiden dan Permendagri wajib memberikan fasilitas bagi para pedagang PKL.

” Kewajiban Pemkab Garut telah dipenuhi dengan telah dibangunnya 2 gedung PKL yang pengoperasiannya diserahkan kepada Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut ( LPKLG ) sejak tahun 2016,″ katanya.

Diharapkannya, para PKL segera menempati gedung PKL yang telah disediakan secara tertib sesuai kesepakatan. “Silahkan berkoordinasi dengan LPKLG yang mendapatkan legitimasi hak pengelolaan dari Pemkab Garut dan tidak dalam konteks menghilangkan PKL tetapi memberdayakan. Untuk lokasi jalan Siliwangi sedang dalam evaluasi dan pengkajian untuk dipindahkan juga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Garut Hendra Gumilang, menebut, dalam proses penertiban PKL kali ini pihaknya menerjunkan sedikitnya 70 personil dibantu 17 personil dari Dishub dan 60 personil TNI-Polri.

”Pada prinsipnya Satpol PP Garut bukan musuh PKL, saya mengajak mari kita bersama-sama ciptakan Garut yang tertib, bersih dan indah,” katanya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor  : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here