HUT Bhayangkara ke 73, Bupati Garut Bacakan Amanat Presiden

garutexpress.id- Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 73 di Kabupaten Bupati Garut dipusatkan di Lapangan Alun-alun Kecamatan Bayongbong, Garut, Rabu (10/7/2019). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Garut, Rudy Gunawan didaulat jadi inspektur upacara. Sementara AKP Alit Kadarusaman yang merupakan Kapolsek Bungbulng ditunjuk menjadi komandan upacara.

Dalam acara tersebut, hadir pula Danrem 062/TN Kol. Inf. Parwito, Dandim 0611 Letkol. Inf Asyraf Aziz, Kepala BPN Garut, H. Hayu Susilo serta tamu undangan lainnya. Tahun ini (2019) HUT Bhayangkara ke 73 mengangkat tema ”Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat Bangsa dan Negara.”

“Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018,”  kata bupati dalam pidatonya.

Sebagai inspektur upacara, Bupati membacakan amanat Presiden RI. Dalam amanat prsediden yang dibacaan bupati termaktub, bahwa TNI-Polri juga telah sukses mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019. Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan hari raya Idul Fitri 1440 H.

“Dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna,  dalam pidatonya mengatakan terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang siber.

“Penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita. Berbagai kejahatan lintas negara, seperti peredaran narkotika dan human trafficking terus memerlukan penanganan secara profesional,” tandasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here