Dua Calon Haji Asal Garut Batal ke Tanah Suci, Ini Penyebabnya

garutexpress.id- Dari kelompok terbang (kloter) 49 calon jemaah haji asal Garut berkuang dari jumlah sebelumnya.  Berkuangnya calon haji asal Garut ini dikarenakan ada dua orang jemaah yang batal atau gagal berngkat ke tanah suci.

Menurut Kepala Seksi Haji pada Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Karimudin, dua jemaah calon haji yang batal berangkat tersebut di antaranya akibat sakit dan meninggal dunia.

“Ya, ada dua orang yang gagal berangkat ke tanah suci dari kloter 49 Garut. J Karena meninggal dan sakit,” ungkapnya, Ahad (21/7/2019).

Dijelaskannya, jumlah jemaah calon haji kloter 49 yang sebelumnya berjumlah 410 orang berkuang enjadi 408 orang jamaah. Proses pelepasan calon haji kloter 49 Garut dilaksanakan di kompleks gedung Pendopo Garut, Ahad (21/7/2019) pagi.

Karimudin menyebut, kedua orang yang batal bernagkat ke berhaji tersebut sayangnya tidak bisa digantikan. Alasannya, karena soal administrasi sebagai syarat untuk pergi ke kota Mekkah.

“Sebenarnya bisa saja diganti. Namun sayangnya penggantian visanya belum keluar sehingga terpaksa dikosongkan,” katanya.

Dijelaskannya, untuk calon haji asal Garut yang batal berangkat  karena meninggal dunia bisa digantikan oleh ahli warisnya. Proses pemberangkatannya bisa di tahun atau musim haji berikutnya.

Menurut catatan Kemenag Garut, pada musim haji tahun 1450 H/ 2019 jumlah jemaah calon haji yang akan diberangkatkan 1930 orang.  (*)

Penulis : Ahen

Editor   :  ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here