Di Garut Puluhan SMP Berlakukan “Passing Grade,” Kadisdik : PPDB Gratis !

Totong, S.Pd., M.Si, (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut)

garutexpress.id- Di Kabupaten Garut sedikitny ada 30 sekolah setingak SMP (Negeri) memberlakukan sistem “passing grade” atau batas minimal dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).  Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, Totong, saat dijumpai di ruang kerjanya, Jumat ( 5/7/2019).

“Tidak semua sekolah menerapkan passing grade ini. Tidak semua sekolah, tidak lebih dari 30 sekolah yang memberlakukannya,” katanya.

Dijelaskannya, di Kabupaten Garut sendiri tercatat ada 366 SMP dan 280 MTs. Sementara itu, sekolah yang memberlakukan passing grade merupakan sekolah yang pendaftarnya melebihi 352 salon siswa, sehingga melebihi kuwota yang telah disediakan, yakni 11 ruang kelas dengan jumlah masing-masing perkelasnya 32 peserta didik.

“Dari jumlah 352 siswa daya tampung sekolah itu 11 ruang (kelas). Yang menentukan passing grade nanti diurut dari hasil zonasi 60 persen, USBN dan seleksi akademik. Sementara yang lainnya tidak masuk passing grade, mungkin dilimpahkan ke sekolah lain,” ungkapnya.

Kadisdik meyakini, dalam penyelenggaraan PPDB tahun ini (2019) penuh dengan integritas, bermartabat dan mengayomi keinginan masyarakat. Untuk sekolah dimanapun tidak dipungut biaya.

“Jika ada pihak sekolah memungut biaya dengan dalih ini dan itu, patut dipertanyakan. Saya tegaskan, PPDB ini tidak dipungut biaya alias gratis!” tandasnya. (*)

Penulis : Alle

Editor   : ER

 


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here