Camat Malangbong : “BPD Adalah Benteng Pemerintahan”

garutepress.id – Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah benteng  pemerintahan di Desa. Demikian disampaikan Camat Malangbong, Teten Sundara, saat membuka sosialisasi Permendagri No.110 Tahun 2016 tentang BPD.

Kegiatan sosialisasi para pengelolan pemerintahan desa itu berlangsung selama dua hari di aula Gedung Surayuda , Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

“Karena menjadi benteng , anggota BPD itu harus tangguh dan dapat bersinergi dengan pemerintah Desa.  BPD kan mitranya kepala desa, mereka sama-sama dilantik oleh Bupati,” ujar Teten Sundara kepada garutepress.id, Jumat ( 12/07/2019)

Diakuinya, rata-rata mereka yang mengikuti sosialisasi ini adalah anggota baru, yang belum berkiprah di BPD sebelumnya. Meski ada sebagian angota BPD lama yang mencalonkan kembali.

“Karena itu mereka perlu diberikan penyegaran dan pencerahan terkait tugas pokok dan fungsi BPD di era desa baru saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia sekaligus sekretaris Desa Sukajaya, Ayep Rohanda menuturkan , selain sebagai ajang silaturahmi sesama anggota BPD sekecamatan Malangbong yang berjumlah 170 orang, agenda ini juga diharapkan bisa meningkatkan kapasitas dan pengetahuan anggota BPD yang baru dipilih dan dilantik baru-baru ini oleh Bupati Garut.

“Pascadilantik berbagai agenda  telah menanti mereka . Ada yang akan segera melakuan persiapan pemilihan kepala desa, dan pekerjaan rumah yang meski segera dilaksanakan adalah penyelenggaraan musyawarah desa perencanaan pembangunan yang semestinya menurut regulasi harus dilaksanakan pada bulan Juni ini,” ungkapnya.

Salah satu anggota BPD asal Desa Sekarwangi, Daud Buhori, menuturkan,  BPD zaman now dituntut untuk lebih berani dalam pengawasan ,  lebih cerdas dan seksama dalam penyusunan  RAPBDes, lebih cermat dan mengayomi dalam menyusun serta mengesahkan regulasi di desa , serta lebih peka dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Memahami regulasi  dan mau menggali ilmu serta selalu berkordinasi dengan Pendamping Desa. Beruntung PLD desa kami aktif melakukan pendampingan dan Fasilitasi,” katanya.

Dalam kegiatan itu tampil sebagai nara sumber Sekretaris Kecamatan Malangbong, Asep Mulyana. Asep sendiri sangat berpengalaman dalam bidang pemerintahan desa. Sebelumnya ia berperan dalam menangani persoalan desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Garut.

“Intinya dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota BPD mereka harus menjadikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 110 tahun 2016 itu sebagai acuan dan pedoman dalam bekerja . Jadi anggota BPD itu bukan rivalnya kepala desa  melainkan mitra kerja kepala desa. Karena itu sama sama untuk memajukan desa,” tutur Asep.

Ia menambahkan, fungsi BPD yang sangat strategis itu, yang pertama memyepakati rancangan dan membuat peraturan di desa, kedua menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, ketiga melakukan pengawasan jalannya penyelenggaraan pemerintah desa. (*)

Penulis : Seno

Editor   : Ade Indra


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here