Beberapa Rumah Warga Desa Cinunuk Rusak Akibat Getaran Mesin PDAM

garutexpress.id- Beberapa unit rumah milik Warga RT 01/02, Kampung Sindangsari, Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut rusak diduga akibat getaran suara mesin penyedot air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Garut.

Kondisi ini telah dikeluhkan warga dengan mendatangi balai desa guna meminta dibukanya ruang mediasi dengan pihak terkait.  Sayangnya, keluh salah seorang perwakilan warga bernama Agus (45), hingga kini tak pernah ada upaya penyelesaian dari pihak perusahaan milik Pemda tersebut.

Dituturkanya, sejak beroperasi pada tahun 2018 lalu, kencangnya getaran suara mesin dari bangunan milik perusahaan tersebut telah menebar rasa was -was  bagi warga sekitar. Bahkan, tambah Agus, dampak terparah telah mengakibatkan ambruknya dinding rumah milik sang mertua.

“Lihat pak ini rumah saya jadi retak – retak begini, mungkin sebentar lagi ambruk akibat getaran suara mesin itu,” keluh Agus sambil menunjuk beberapa bagian dinding rumahnya yang rusak. \Agus dan beberapa warga hingga kini masih menunggu itikad baik pihak perusahaan. Saat mengutarakan keluhanya, Senin, (14/7/2019).

Ia tampak kesal karena hampir Satu tahun belum ada upaya apapun dari perusahaan penyedia air bersih tersebut. Menurut keteranganya, jika sedang dinyalakan, mesin bisa beroperasi sekitar durasi 1 jam dan menghasilkan getaran cukup keras terasa ke kaca rumah penduduk.

Diakuinya hanya bisa melakukan upaya pencegahan sementara, meminta agar mesin itu tidak dipungsikan tanpa seijin pihak desa. Namun diakuinya ia masih merasa hawatir jika suatu saat PDAM menyalakan mesin itu kembali, tanpa ada kordinasi dengan masyarakat sekitar.

Pertengahan Pebruari lalu, saat pertama kali meminta solusi ke balai desa, kata pria itu, pemerintah desa telah mencoba meneruskanya kepada PDAM. Kala itu telah disepakati waktu untuk gelar musyawarah antara warga terdampak dengan pihak perusahaan. Sayangnya hal itu tidak kunjung ditepati hingga saat ini.

“Saya meminta difasilitasi saja agar pihak terkait mau datang dan melihat kondisi rumah saya yang rusak,” Tambahnya.

Kekhawatiran serupa juga disampaikan Tati. Menurut dia, getaran kuat kala suara mesin dibunyikan terasa hingga ke rumahnya. Tati berharap hal yang sama agar pihak perusahaan mau croscek ke area terdampak.

Diketahui bangunan PDAM tersebut berdiri dekat pemukiman warga Kampung Sindangsari, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, sebagai sarana pemenuhan ketersediaan air minum bagi warga Kecamatan Banyuresmi. Dari bangunan itu,  tertanam pipa air bersih menyusur bahu jalan Desa Cinunuk hingga ke kawasan Banyuresmi. (*)

Penulis  : Doni Melody

Editor    : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here