Antisipasi Gagal Panen, Petani Disarankan Ikut Asuransi Usaha Tanaman Pangan

Foto : ISTIMEWA

garutexpress.id – Untuk mengantisipasi kekeriangan di saat musim kemarau, sejumlah petani di kawasan Kabupaten Garut disarankan untuk mengikuti asuransi tanaman pangan. Dengan mengikuti asuransi ini, para petani bisa meminimalisir terjadinya kerugian akibat gagal panen.

Hal tersebut dianjurkan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Garut. Distan Garut berharap, petani bisa memanfaatkan jasa Asuransi Usaha Tanaman Pangan (AUTP).

“Dengan mengikuti AUTP ini para petani diharapkan bisa meminimalisir kerugian akibat gagal panen yang disebabkan kemarau,” ujar Deni Herdiana yang merupakan Kepala Bidang Sumber Daya Pertanian pada Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Rabu (3/7/2019).

Dikatakannya, untuk mengefektifkan program ini agar bisa tepat sasaran ke para petani hingga pelosok, Distan Garut akan melibatkan unsur pemerintah kecamatan setempat untuk mensosialisasikannya.

“Asurani ini merupakan program yang telah disia[kan pemerintah. Namun, memangg sebagian besar petani di Garut belum ikut asuransi ini. Baru sekitar 40 persen petani Garut yang ikut,” katanya.

Menurutnya, program  asuransi ini sebenarnya tidak memberatkan para petani. Iurannya sendiri bisa dibayarkan setiap kali musim panen.

“Tidak memberatkan, malah (asuransi) ini menguntungkan para petani. Misalkan, petani yang gagal panen akan mendapatkan ganti sebesar 60 persen dari kerugian. Nah, hal ini tentunya bisa meringankan para petani,” ungkapnya. (*)

Penulis : Ahen

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here