Pileg 2019, Kursi PDIP di DPRD Garut Bekurang

garutexpress.id- Tsunami hoaks di Pemilu 2019 membuat suara PDIP di Kabupaten Garut menurun. Bukan hanya berdampak di pemilihan legislatif, namun juga terhadap raihan suara di Pilpres. Wakil Ketua DPC PDIP Garut, Yudha Puja Turnawan menyebut raihan suara di Pemilu 2019 mengalami penurunan. Bahkan raihan suara Jokowi mengalami penurunan dibanding Pilpres periode lalu.

“Dulu suara untuk pak Jokowi mencapai 29 persen. Tapi sekarang hanya dapat 27,84 persen,” ujar Yuda di Kantor DPC PDIP, Jalan Merdeka, Kamis (2/5/2019).

Di pileg, PDIP Garut juga hanya mendapat lima kursi di parlemen Garut. Berkurang satu kursi dibanding periode sebelumnya. Di periode kali ini, PDIP tak akan memiliki jatah pimpinan dewan.

Partai berlogo banteng moncong putih itu hanya jadi papan tengah. Raihan kursi PDIP sama dengan yang didapat PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

“Kami bukan hanya sibuk raih suara, tapi juga lawan hoaks yang beredar. Banyak yang menyebut jika PDI menang akan tutup pesantren sampai tak butuh suara umat Islam,” katanya.

Banyaknya serangan hoaks itu, lanjutnya, berdampak terhadap penurunan suara partai. Meski begitu, PDIP masih bersyukur karena bisa menempatkan kadernya di DPRD kabupaten, provinsi, dan DPR RI.

Berikut nama-nama caleg PDIP yang akan melenggang ke legislatif.  DPRD kabupaten : Dapil 1: Yudha Puja Turnawan (petahana), Dapil 2: Juju Hartati (petahana), Dapil 3: Dadan Wandiansyah, Dapil 4: Dudeh Ruhiyati (petahana), Dapil 5: Mamat Rahmat, DPRD provinsi: Memo Hermawan dan DPR RI Jabar XI: Dony Oekon Maryadi. (*)

Penulis : FW

Editor    : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here