Jelang Ramadhan, Harga Bawang Putih Tembus Rp 60 Ribu Per Kilogram

garutexpress.id-  Menjelang tibanya bulan suci Ramadhan 1440 H/ 2019, sejumlah bahan pokok naik signifikan. Kenaikan yang paling mencolok terjadi pada harga bawang putih, di beberapa pasar tradisional di Garut, bawang putih dibanderol Rp 60 ribu, padahal sebelumnya harganya hanya Rp15 perkilonya.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menyebut naiknya harga bawang memang sudah cukup lama. Kenaikan tertinggi terjadi pada beberapa bulan terakhir.

“Biasanya harga bawang putih itu Rp15 ribuan perkilonya, karena pasokan sekarang sangat minim jadi harganya naik. Di tingkat pengecer sampai Rp60 ribuan perkilonya,” kata Helmi, disela-sela melakukan sidak di pasar Ciawitali, Kamis (2/5/2019).

Dikatakannya, kenaikan tersebut bukan hanya di Garut, di beberapa daerah lain juga mengalami kelangkaan bawang putih. Kenaikan tersebut ditenggarai akibat pasokan bawang yang tersendat. ” Pasokan dari Cirebon katanya mengalami sedikit masalah.  Insya Allah beberapa hari ini pasokan akan lancar kembali,” katanya.

Meski beberapa bahan pokok naik, tetapi ada juga yang mengalami penuruan di antaranya beras. Dari pantauan, harga beras turun Rp 1000 per kilonya.

Sementara itu Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, menegaskan pihaknya akan menindak tegas pelaku pelaku penimbunan kebutuhan pokok. “Kita akan menindak tegas kalau ada oknum yang menimbun bahan pokok,” tandasya. (*)

Penulis  : Tim GE

Editor    : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here