Wanita Asal Garut Jadi Relawan Banjir Papua

Rina (38), saat membantu relawan Baznas menyiapkan makanan untuk korban banjir di Papua.*

Garutexpress.id – Wanita asal Garut, Rina (38), dikabarkan telah bergabung bersama relawan kemanusiaan membantu korban banjir bandang yang menerjang 3 distrik di Kabupaten Jayapura, Papua, ( 16/3/2019 ).

Rina merupakan warga Kabupaten Garut yang sejak beberapa tahun lalu mengadu peruntungan dengan menjual makanan khas Garut di distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pasca banjir bandang yang terjadi pada Sabtu lalu, dia memilih menghentikan aktifitas berdagangnya. Sebuah kios sempit yang ia sewa, sejak itu tak lagi ramai dengan antrian pembeli. Tempat berjualanya itu ia jadikan posko yang menyajikan menu makan gratis bagi korban bencana.

Rina bukan satu – satunya warga asal garut yang terlibat dalam gerakan kemanusiaan itu. Ia dibantu sesama perantau asal Garut lainya.

Bersama beberapa orang temanya itu, Rina tergabung dalam relawan penyalur Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ), jalan Kemiri, Distrik Sentani.

Sejak Selasa pagi, ( 18/3 ), Rina sudah mulai melupakan keuntungan yang biasa ia peroleh dari hasil niaganya. Dikiosnya itu ia mulai sibuk menyediakan ratusan paket makanan bagi para pengungsi. Dari mulai memasak hingga memastikan kebutuhan para korban terpenuhi, ia lakukan dibantu tim Baznas Tanggap Bencana.

“Menu sarapan pagi ini bubur sumsum ya adik – adik,” kata Rina menyapa hangat para pengungsi.

Pagi itu ada sekitar 600 porsi bubur Sumsum yang siap dibagikan relawan ke beberapa titik bencana. Mereka menyusur bagian area sekitar Yonif 751, Kompleks BTN Sosial, Sentani Raya, dan Gereja Adven Flalow. Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) membagikannya langsung guna memastikan salur tepat sasaran.

Kedatangan Rina dan tim BTT, disambut sumringah para bocah korban banjir. Senyum mereka ibarat pengupah lelah, penawar keuntungan duniawi yang Rani tinggalkan demi mengejar sisi kemanusiaan. (Donimelody)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here