Visitasi Akreditasi, Empat SD di Malangbong Bisa Terima BOS

Siswa dan guru SDN 4 Mekarasih berfoto bersama, Kamis (28/3/2019) (Seno)

Garutexpress.id.– Empat sekolah dasar (SD) di kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut terbebas dari ancaman tidak menerima Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ). Hal ini setelah ada visitasi akreditasi tahap satu oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) sejak Rabu (27/3/2019) dan Kamis (28/3/2019).

Empat sekolah yang dimaksud adalah SDN 4 Mekarasih, SDN 3 Mekarasih, SDN 2 Sekarwangi dan SDN 2 Sukaratu. Diketahui aturan BAN S/M, sekolah yang tidak terakreditasi akan ditutup berbagai bantuan dan tidak akan menerima bantuan BOS.

Dijelaskan Kordinator Pengawas TK SD UPTD Pendidikan Kecamatan Malangbong Jajang Jaenudin, mengaku bersyukur keempat sekolah di wilayahnya tersebut divisitasi dan akreditasi. Bila tidak divisitasi maka jelas tidak terakreditasi. “Sekolah yang tidak terakreditasi terancam tidak akan terima BOS,” ujarnya saat mengikuti penutupan visitasi akreditasi di SDN 4 Mekarasih Kamis, (27/03/2019).

Ia menambahkan, selain tidak menerima BOS, sekolah yang tidak terakreditasi Kepala Sekolahnya juga tidak bisa menandatangani ijazah.

Related Post

Tim Asesor BAN Jawa Barat Agus Rahmat mengungkapkan sekolah tidak terakreditasi tidak diperkenankan menyelenggarakan ujian. Maka dari itu, SDN 4 Mekarasih dan ketiga sekolah lainnya patut bersyukur tidak telambat divisitasi oleh BAN S/M.

“Itu artinya sekolah ini akan selamat dari ancaman tidak akan terima berbagai bantuan,” ucapnya.

Ia mengapresiasi kepada seluruh jajaran pihak sekolah, yang bersungguh sungguh dalam menghadapi visitasi tim asesor. “Yang sudah baik mohon diteruskan dan dikembangkan, yang masih kurang juga mohon diperbaiki.” ujarnya

Kegiatan visitasi, kata dia, adalah memastikan data yang sudah diajukan melalui Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) terbukti secara fisik. Karena semua kegiatan di sekolah wajib didokumentasikan, baik tertulis maupun audio visual atau gambar.
“Rata rata disekolah itu ada kegiatannya namun lupa mendokumentasikannya dan itu tidak boleh terjadi lagi,” pungkasnya. (Seno)


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.