Tingkatkan Kapasitas Masyarakat, BPBD Bentuk Destana di Desa Kertajaya Cibatu

Suasana sosialisasi Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Senin (11/3/2019)./foto: Yayan/GE.***

garutexpress.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut kembali menggelar Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana).  Sosialisasi kali ini digelar di Desa Kertajaya, Kecamatan  Cibatu, Kabupaten Garut, Senin (11/3/2019)

Desa Kertajaya sendiri  merupakan satu diantara 11 Desa Tangguh yang telah dibentuk oleh BPBD Kabupaten Garut. Rencanaya, kegiatan  sosialisasi di Desa Kertajaya akan berlangsung 10 kali pertemuan.

Dijadwalkan pada tanggal 11, minggu ke dua dan berakhir 22 Maret 2019. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan kegiatan seminar sehari untuk menentukan apakah desa ini sebagai desa tangguh pratama atau lebih tinggi dari itu.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dadi Djakaria, kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang. Para peserta  terdiri dari perwakilan perangkat desa, kepala dusun ketua RT dan Ketua RW, Babinsa, Babinkamtibmas, Karang Taruna, Ibu -ibu PKK , anggota BPD dan tokoh masyarakat desa setempat.

“Sosialisasi  ini difasilitasi oleh BPBD Kabupaten Garut. Semua anggota forum Pengurangan Risiko Bencana Desa diharapkan berperan aktif dalam penyusunan dokumen kebencanaan tingkat desa,” kata Dadi, usai membuka acara.

Diharapkannya, kegiatan tersebut, masyarakat, khususnya di Desa Kertajaya mampu meningkatkan kapasitas diri dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

Dalam kegiatan ini terungkap, bahwa potensi ancaman yang ada di Kertajaya  dia antarnyta kekeringan, angin putting beliung dan longsor.

Atas dasar tersebut, maka diperlukan antisipasi segala kemungkinan apabila ancaman tersebut benar-benar terjadi. Forum PRB Desa berperan memberikan masukan kepada pemerintah desa agar memperhatikan terhadap upaya atau kegiatan pengurangan resiko bencana di desa tersebut.

Setelah Desa Kertajaya, kemudian Desa Bojong Kecamatan Banjarwangi dan Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk, akan digarap juga. Sehingga pada tahun 2019 ini jumlah Desa Tangguh Bencana di kabupaten Garut sebanyak 13 Desa. (Yayan)***

Editor: ER.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here