Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Kades Neglasari Genjot Infrastruktur

Warga tampak antusias mengikuti Musrenbangdes di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupeten Garut, Jum'at, (22/3/2019)/ foto: Syam/GE.***

garutexpress.id – Desa Neglasari Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut terus berbenah merealisasikan sejumlah pembangunan infrastruktur.  Dana Desa (DD) tahun 2019 adalah sumber untuk membangun infrastruktur di lima titik lokasi.

Kepala Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Adin Saripudin mengungkapkan, pelaksanaan pengerjaan dari titik nol pembangunan desa.  Dana Desa sengaja diprioritaskan untuk membangun infrastruktur berupa jalan desa untuk mempermudah akses dan mobilitas perekonomian masyarakat.

“Upaya meningkatkan kelancaran akses masyarakat untuk menunjang perekonomian, baik itu waktu tempuh ke lokasi pertanian, puskesmas ataupun anak-anak ke sekolah dapat lancar. Selama ini akses jalan selalu menjadi hambatan,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at, (22/3/2019).

Adin menambahkan, tahun 2019 ini pembangunan sengaja diprioritaskan ke arah infrastruktur jalan desa karena dapat memudahkan masyarakat menjangkau lokasi pertanian dan usaha lainnya.

“Desa Neglasari sendiri memiliki 3 Dusun, 45 RT dan 21 RW dengan jumlah penduduk sekitar 6 ribuan. Setiap wilayah memiliki prioritas pembangunan infrastruktur. Usulan dari setiap wilayah masuk dalam RKPDes dan ditetapkan dalam APBDes,” jelasnya.

Masih kata Adin, Dana Desa tahap I sebesar 20 persen tersebut dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur di lima titik lokasi. “Pembangunan Polindes di Kepunduhan Neglasari RW 01, Pembangunan jalan poros desa antara Kepunduhan Cikole dan Kepunduhan Neglasari di RW 5 serta RW 3. Pembangunan jalan poros desa Kampung Cidahu dan Lingkar Cipicung yang terletak di Rw 5 dan RW 13,” tambahnya.

Menurutnya, melalui Dana Desa masyarakat akan terbantu dalam menunjang perekonomian. “ “Selama ini anak-anak berangkat sekolah dari Kampung Cipicung Burujul ke sekolah membutuhkan waktu yang lama. Begitu juga bidan menuju ke puskesmas yang menyita waktu serta menjadi kendala untuk pasien. Prioritas pembangunan infrastruktur ini utuk membantu aktivitas serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Syam)***

Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here