Tak Masuk PKH, Rumah Janda Miskin di Karangpawitan Ambruk

Tak masuk PKH, rumah janda miskin di Karangpawitan ambruk
Tak masuk PKH, rumah janda miskin di Karangpawitan ambruk

garutexpress.id Kabar memilukan menimpa Lilis, seorang janda berusia 55 tahun warga Kampung Kertasari, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Sejak rumah panggung peninggalan mendiang suaminya ambruk diterpa musibah angin kencang akhir tahun 2018 lalu, kini ia bergantung dan menumpang hidup dari belas kasih sanak saudaranya.

Saat ditemui garutexpress.id, Senin (4/3/2019), Lilis yang juga merupakan Kader di Desa Cimurah, menceritakan peristiwa naas yang dialaminya 3 bulan lalu.

Malam itu saat peristiwa terjadi, urai Lilis, ia bersama kedua cucunya sudah pindah mengungsi ke rumah kerabatnya sejak sore. Ini dilakukanya karena merasa ketakutan melihat kondisi rumah yang hampir ambruk. Benar saja, lanjutnya, pukul 02.00 WIB dini hari saat diterpa angin dan hujan, rumahnya ambruk rata dengan tanah.

Puing puing rumah Lilis yang hancur karena angin dan hujan
Puing puing rumah Lilis yang hancur karena angin dan hujan

“Saya sudah tidak punya apa-apa lagi. Rumah tempat saya berteduh kini tinggal puingnya saja. Sudah tiga bulan saya hidup menumpang di rumah milik saudara. Sudah tak enak rasanya. Namun apa boleh buat, tidak kebayang dari mana saya bisa kembali punya rumah,” urai Lilis tak kuasa menahan tangis.

Saat-saat sulit mulai dirasa Lilis sejak tujuh tahun lalu. Ketika itu, sang suami sebagai tulangpunggung keluarga meninggal karena didera penyakit akut. Dari saat itu praktis dia hanya bertahan hidup dari penghasilanya sebagai kader Posyandu yang dibayar pemerintah sebesar Rp 50 ribu/bulan.

Menurut pengakuanya, ia tidak mendapat atau terdaptar pada kuota tambahan Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk menopang kebutuhan sehari-harinya, Lilis melakukan apa saja yang sekiranya dapat menghasilkan uang halal.

Ti payun mah waktos caroge masih aya, lumayan kabantos tina panghasilan janten padamel desa. Ayeuna mah duh Gusti…..,” isak Lilis tak mampu melanjutkan kata-katanya. (Donimelody)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here