Sungai Cimanuk Garut Meluap, Warga Kampung Sudika Mengungsi

Sejumlah warga korban banjir luapan Sungai Cimanuk mulai mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, di Kampung Sudika Indah, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (27/3/2019).*

Garutexpress.id – Hujan mengguyur Kota Garut dan sekitarnya pada Rabu (27/4/2019), menyebabkan air Sungai Cimanuk meluap. Tak pelak, sejumlah tempat yang terlewati sungai tersebut terendam banjir. Untuk menghindari korban jiwa, sejumlah warga mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Seperti di Kampung Sudika Indah, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogongkidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ketinggian air banjir mencapai satu meter. Luapan air sungai Cimanuk tersebut membuat warga panik dan memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Air mulai menggenangi kampung ini pada pukul 17.00 WIB,” kata Ahmad, salah seorang warga Desa Haurpanggung.

Pantauan reporter garutexpress.id di lapangan, warga yang terdampak banjir sudah diungsikan ke terminal Ciawitali atau dataran yang lebih tinggi.

Belum ada laporkan korban jiwa pada peristiwa ini.

Hingga berita ini dibuat, warga dari luar kampung banyak yang berdatangan untuk memberikan pertolongan. Ratusan warga mulai mengungsi ketempat yang lebih tinggi, warga menunggu sampai air surut.

Ketua RW 13 Desa haurpanggung, Nia Kurniawan, para pengungsi mulai berdatangan dari sejumlah daerah yang kerap dilanda banjir akibat luapan Sungai Cimanuk. Saat ini mereka membutuhkan makanan karena dapur warga ikut terendam banjir. (Dede Sumarna)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here