Siap Cetak Rekor, Desa Cisaat Kadungora Siapkan Seribu Pendekar Silat

garutexpress.id – Sedikitnya 1000 pedekar silat kini sedang dipersiapkan pihak Desa Cisaat, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Para pesilat dari Paguron Gerak Winaya Cadas Gantung ini dipersiapkan sejak jauh-jauh hari untuk menyembaut perhelatan hari besar Nasional.

Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Kadungora, H. Ruhiyat yang juga Kepala Desa Cisaat, seni bela diri pencak silat adalah seni bela diri “karuhun” yang harus dilestarikan. Untuk itu diharapkan, khususnya di Kecamatan Kadungora di setiap RW ada warga pelelestari pencak silat ini.

“Pencak silat ini seni bela diri karuhun yang harus dilestasrikan. Saya harap semua warga peduli, kalau perlu di setiap RW ada pelestrai atau paguron silat,” ujarnya, kepada garutexpress.id,  Jumat (29/03/2019).

Diungkapkannya, hingga saat ini tercatat ada 15 paguron silat di Kadungora dibawah binaanya. Selain untuk mencetak bibit unggul atlet silat, keberadaan paguron ini juga disiapkan untuk pementasan berbagai acara, semisal penyambutan HUT RI dan hari besar Nasional lainnya.

“Selian untuk mencetak bibit atlet silat unggulan, pelestarian pencak silat ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat. Disamping itu, seni bela diri ini juga bisa kita tampilkan dalan pagelaran di hari besa Nasional misalnya,” katanya.

Sebagai wujud kepdeulian dan kecintaannya akan seni bela diri pencak silat. Dalam rentang tahun 2016 hingga 2019, Paguron Gerak Winaya Cadas Gantung pagelaran silat, Salah satu pagelaran yang paling fenomenal di antaranya diselenggaran di Desa Cisaat selama tiga hari tiga malam dengan peserta dari 20 paguron silat.

In sya Allah, saat ini kita sudah mempersiapkan kurang lebih seribu pendekar silat. Nantinya para pendekar silat ini akan dilibatkan dalam penyambutan HUT RI pada 17 Agustus 2019 mendatang. Kita harapkan pagelaran pencak silat nanti akan mencetak rekor di Kabupaten Garut menuju rekor Nasional,” pungkasnya, (Anas.N)***.

Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here