Seni Badeng Malangbong Riwayatmu Kini

Garutexpress.id –  Kaya akan keanekaragaman seni dan budayanya dari Sabang sampai Meraoke. Tak heran jika Indonesia ini diistilahkan dengan jambrudnya katulistiwa karena keberagamannya itu. Setiap provinsi yang ada di negara kita ini pasti disitulah terdapat berbagai seni dan budaya khasanah kekayaan bangsa.

Tidak terkecuali di Kecamatan Malangbong yang berada di wilayah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Banyak sekali dijumpai berbagai kesenian warisan leluhur zaman-zaman dahulu kala. Sebut saja salah satunya adalah Kesenian Badeng.

Kesenian Badeng ini kini sudah sangat jarang sekali ditampilkan di masyarakat Malangbong pada umumnya, paling-paling sesekali tampil itupun pada acara Agustusan biasanya. Sehingga tidak heran jika anak-anak kemarin sore di sekitar kecamatan Malangbong banyak yang tidak mengetahui kesenian ini.

Mirisnya lagi mereka lebih familiar mendengar K-Pop dari pada Seni Badeng. Sungguh pemandangan yang ironi ditengah-tengah gembar gembornya pemerintah yang selalu bersemboyan Kebinekaan itu.

Sebagai wujud kepedulian saya sebagai putra daerah dari Kecamatan Malangbong ini, sengaja tulisan ini akan memberikan sedikit informasi tentang Kesenian Badeng dengan harapan semoga Kesenian Badeng ini tidak semakin terlupakan ditengah pusaran dunia saat ini.

Kesenian Badeng ini mirip-mirip kesenian Reog hanya saja pada kesenian Badeng syair yang lantunkan biasanya berupa shalawatan atau petuah-petuah berbahasa Sunda tentang Islam dan biasanya ditampilkan dengan gaya guyon yang lucu dan menghibur.

Awal mulanya seni Badeng ini berkembang di Desa Sanding Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut diciptakan pada tahun 1800 oleh penyebar Agama Islam bernama Arfaen atau lebih dikenal dengan nama Lurah Acok.

Badeng suatu jenis kesenian sebagai media untuk menyebarkan Agama Islam dengan cara membawakan lagu-lagu sunda buhun dan sholawatan. Badeng itu sendiri artinya bermusyawarah atau berunding, alatnya terdiri dari angklung kecil dan besar serta dog-dog lonjor. (Kus)***

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here