Sebanyak 504 Fasda Ikuti Bimtek SPMI

SUASANA pembukaan Bimtek Fasda SPMI di Hotel BTC, Senin (11/3/2019). (Foto : SMS)***

garutexpress.id – Sebanyak 504 Fasilitator Daerah (Fasda) dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat, kembali mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Bandung, Senin-Jumat (11-15/3/2019). Mereka terdiri dari 440 pengawas pembina dan 64 orang Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) sekolah model SPMI piloting. Bimtek diprakarsai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat.

Menurut salah seorang narasumber, Neni Rohaeni, S.Pd, tujuan umum bimtek yaitu terlatihnya Fasda SPMI tahu 2019 yang menguasai konsep SPMI dan mampu mendampingi sekolah model dalam menerapkan siklus SPMI secara berkelanjutan.

“Tujuan khususnya, antara lain agar para Fasda memahami sistem penjaminan mtu pendidikan berdasarkan Permendikbud No. 28 tahun 2016. Juga agar mereka (Fasda) bisa memberikan pembimbingan dalam mengintegrasikan nilai-nilai PPK dan literasi dalam implementasi SPMI di sekolah,” papar narasumber yang juga Widyaiswara LPMP Jawa Barat.

Selama lima hari, para peserta bimtek dihadapkan pada jadwal kegiatan yang cukup padat. Dari pagi hingga malam hari. Mereka mengikuti pola bimtek 38 jam. Karena jumlah peserta cukup banyak, bimtek diselenggarakan di empat lokasi. Hotel Garden Permata, Hotel Topas, Hotel Fave Paskal Hyper Square, dan Hotel BTC.

Strategi dan metode bimtek yang diterapkan pun bervariasi. Peserta bimtek lebih banyak didorong melakukan diskusi, kerja kelompok, praktik simulasi, dan presentasi.

Hari kedua, Selasa (12/3/2019), para peserta bimtek di Hotel BTC tampak antusias mengikuti sesi diskusi dan presentasi. Sejak pagi mereka membahas mengenai telaah indikator Standar Nasional Pendidikan (SNP), penguatan konsep SPMI. Materi lainnya, yaitu implementasi PPK dan literasi dalam SPMI.

Sejumlah peserta mengapresiasi positif kegiatan bimtek tersebut. Menurut Fasda asal Kabupaten Garut, Ela Halimin, SH, M.Si, banyak hal baru yang bermanfaat untuk bekal mereka dalam melakukan pembimbingan SPMI lanjutan di sekolah binaannya masing-masing.

Hal senada dikatakan peserta lainnya, Mulyadi, S.Pd, M.Pd. Menurutnya, bimtek menambah pengetahuan dan wawasan mengenai SPMI. Ia berharap, apa yang didapat selama bimtek dapat diaplikasikan dalam rencana tindak lanjut pembimbingan di lapangan. (SMS)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here