Pemkab Garut Kesulitan Mencari Lahan Penampung Air

KAWASAN Situ Rancakukuk di Kecamatan Bayuresmi tak lagi menjadi kantung air. Kini berubah fungsi menjadi area pesawahan. (Foto : Alle/GE)***

garutexpress.id – Pemerintah Kabupaten Garut kini kesulitan mendapatkan lahan tempat penampung air. Ratusan situ yang ada pun tidak dapat berfungsi maksimal. Permasalahannya terkait status lahan milik pemerintah desa. Situ kerap berubah fungsi karena pemerintah desa hanya berorientasi pada keuntungan materi.

Salah satu situ yang kini berubah fungsi adalah Situ Rancakukuk di Kecamatan Banyuresmi. Dari pantauan garutexpress.id di lapangan, hampir tak ada lagi air di situ tersebut. Situ telah berubah menjadi area pesawahan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut, Uu Saepudin, membenarkan persoalan tersebut. Karenanya, jika terjadi kemarau panjang masyarakat pun sulit mendapatkan air.

Uu menyebutkan, Situ Rancakukuk di Desa/Kecamatan Banyuresmi menjadi satu dari ratusan situ yang status lahannya milik pemerintah desa. Dengan demikian, menjadi kewenangan pemerintah desa untuk menentukan fungsi situ. Masalahnya, pemerintah desa berorientasi pada pemasukan materi dalam menfungsikan situ.

Seperti pada kasus perubahan fungsi Situ Rancakukuk, pemerintah desa lebih untung jika menyewakan lahannya kepada petani untuk ditanami padi.

“Karena lebih dominan dari sisi pendapatan mending disewakan. Jadi oleh desa disewakan,” ujar Uu.

Dinas PUPR sendiri tak berwenang memerintahkan kepada pemerintahan desa dalam menentukan fungsi situ yang lahan milik pemerintah desa. Itu merupakan otonomi pemerintah desa. Karena itu, Dinas PUPR Kabupaten Garut sulit untuk memaksimalkan fungsi situ sebagai penampung air.

“Antara kami dan pemerintah desa hanya perjanjian lisan saja, ini dijadikan situ. Dia setuju kitabuat konstruksinya. Hanya asetnya aset desa,” ucapnya.

Padahal, Uu pun mengakui,fungsi Situ Rancakukuk sangat penting sebagai penampung air. Selain untuk kebutuhan masyarakat, Situ Rancakukuk juga menjadi penyokong ketersediaan air bagi Situ Bagendit yang lokasinya berdekatan. Situ Bagendit beberapa kali kering saat kemarau. Sementara air di Situ Rancakukuk tak pernah habis saat kemarau. (Alle)***

Editor : SMS


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here