PA Mencatat, Ada Belasan Ribu Janda Muda di Garut

ilustrasi.net.

garutexpress.id – Angka janda muda di kabupaten Garut meroket dalam tiga tahun terakhir. Dalam catatan Pengadilan Agama (PA) Kelas 1A Garut, ada 12.291 janda baru sejak kasus itu diputus pengadilan sejak 2016 hingga akhir tahun lalu.

Pengadilan Agama Garut mencatat, dalam tiga tahun terakhir sejak 2016 lalu, angka perceraian di Garut naik hampir 46 persen, dari sebelumnya kasus yang diputus pada 2016 sebanyak 3.642 kasus, menjadi 4.647 kasus pada akhir 2018.

Juru Bicara Pengadilan Agama Garut Muhammad Dihyah Wahid seperti dilansir dari Liputan6, Rabu (27/3/2019) mengatakan, meningkatnya kasus perceraian disebabkan banyak faktor pemicu.

Pertama, faktor utama perceraian di Garut disebabkan motif ekonomi. Melemahnya ekonomi sepertinya ikut berdampak pada keharmonisan keluarga di rumah.

Data Pengadilan Agama mencatat sejak 2016 lalu hingga 2018, total kasus perceraian akibat ekonomi mencapai 5.713 kasus.

Kemudian di posisi kedua ditempati karena tidak bertanggung jawab. Lembaganya mencatat, sejak 2016 lalu, faktor suami meninggalkan istri mencapai  3.011 kasus.

Di posisi ke tiga terbanyak ditempati, akibat perselisihan atau percekcokan yang terus menerus. Dalam tiga tahun terakhir, tercatat sebanyak 1.388 kasus.

“Kalau yang terus berselisih paling banyak tahun 2017 sebanyak 375 kasus,” ujarnya.

Dikatakannya, rata-rata usia pihak berperkara yang baru mendapatkan status baru menjadi janda, berada di kisaran 23-35 tahun.

Sebagian besar gugatan atau perkara perceraian berasal dari kalangan sipil biasa. Sementara sebaran pihak berperkara, hampir merata di seluruh kecamatan kabupaten Garut.

Bagi mereka yang berperkara, lembaganya biasanya memberikan bantuan hukum melalui pos bantuan hukum pengadilan. Dihyah menyatakan, dalam penanganan pihak berperkara, lembaganya kerap mengedepankan asas berkeadilan bagi kedua belah pihak, sehingga diharapkan sejak mereka mendaftarkan gugatan cerai bisa kembali rukun. (AI)***

Editor : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here