Mia Sumiati dan Irsadul Ibad, Juara Solo Vokal Antar-GTK SMA se-KCD Wilayah XI Jabar 2019

PARA juara kategori wanita bersama panitia dan Kepala KCD Pendidikan Wilayah XI Jabar, Dr. Hj. Lilis Rosita, M.Si. (Foto : Istimewa)***

garutexpress.id  – Mia Sumiati, S.Pd (SMAS Siti Aisyah Kadungora) dan Irsadul Ibad, S.Pd (SMAN 20 Garut), masing-masing keluar sebagai juara I kategori puti dan putra Festival Solo Vokal antar-GTK SMA se-KCD Wilayah XI Jawa Barat.

Di babak final, Mia Sumiati yang membawakan  “Sang Dewi” miliknya Titi DJ, berhasil meraih nilai tertinggi dari dewan juri yang terdiri dari : Rina Roesla (Ketua), Deni Soe dan Yudi Rudiawan (anggota). Sementara itu, Irsadul Ibad berhasil menyisihkan sembilan finalis kelompok putra lainnya lewat tampilan apik “Esok Kan Masih Ada” (Utha Likumawua).

Ajang unjuk kualitas vokal tersebut diikuti ratusan guru dan tenaga kependidikan (GTK) dari SMA negeri maupun swasta di lingkungan KCD Pendidikan Wilayah XI Jabar. Fasival nyanyi yang dibagi dalam dua kategori, yakni solo putra dan putri tersebut, digela sejak 27 Februari – 1 Maret 2019  lalu di Aula Citarum, Bakorwil Priangan, Jl. Ahmad Yani, Garut.

Menurut salah seorang juri, Yudi Rudiawan,  secara keseluruhan para peserta tampil cukup baik. Hanya saja, pada babak peyisihan umunya mereka masih lemah dalam penguasaan teknik dinamika dan ekspresi.

“Begitu juga dalam pengembangan improvisasi, pemilihan lagu dan stage act. Umumnya peserta tampil terlalu polos, apa adanya,” terang Yudi kepada garutexpress.id.

Tapi setelah diberikan pengarana singkat dari dewan juri setelah babak penyisihan berakhir, semua finalis tampil lebih baik dan menghibur.

“Ada peningkatan pengembangan dari segi teknik bernyanyi maupun dari stage act yang ditampilkan oleh para finalis, berbeda dengan penampilan sebelumnya,” jelas Yudi.

Adapun kasil kejuaraan selengkapnya, sebagai berikut :

Kategori Putri. Juara I, II, III masing-masing diraih Mia Sumiati, S.Pd (SMAS Siti Aisyah Kadungora), Sarah Nurfazriah, S.Pd (SMAS YBHM) dan Fathonah, S.Pd  (SMAN 18 Garut). Sedangkan Juara Harapan I, II, III diraih Dian Angella, S.Pd (SMAN 8 Garut), Satriani Kurnia D. S.Pd (SMAS Siti Aisyah Kadungora) dan Putri Nurwandini L. S.Pd (SMAN 3 Garut).

Kategori Putra. Juara I, II, III diraih Irsadul Ibad, S.Pd (SMAN 20 Garut), Zihad Lambang Sari (SMAN 10 Garut), dan Ardi R. Taufik, S.Pd (SMAN 1 Garut). Juara Harapan I sekaligus Juara Favorit diraih Dadan, S.Pd (SMAN 18 Garut). Sedangkan  Juara Haraan II dan  III masing-masing direbut Yayat Supriatna, S.Pd., M.Pd (SMAN 11 Garut) dan Salim, S.Pd (SMAN 15 Garut).

Selain trofi dan piagam penghargaan, para juara juga mendapat sejumlah uang pembinaan dari panitia. Juara I-III, juga nantinya akan mewakili KCD Wilayah XI dalam ajang festiva serupa di tingkat Jawa Barat. (Jenal)***

Editor : Doni


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here