Menyaksikan Eksotisnya Sungai Cimanuk dari Atas Kampung Parigi

Warga tampak menikmati pemandangan Sungai Cimanuk yang melintas di Kampung Parigi, Desa Cilampuyang, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut./ foto: TAF Senopati/GE.***

garutexpress.id – Satu lagi potensi wisata alam nan indah di kawasan utara Kabupaten Garut yang sayang untuk dilewatkan. Adalah Kampung Parigi, dengan suasan perkampungan hijau yang asri plus berada di ketinggian perbukitan menambah eksotis kampung ini.

Kampung Parigi yang berada di kawasan Desa Cilampuyang, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut ini menawarkan pemandangan wisata alam yang menakjubkan. Dari ketinggian Kampung Parigi ini kita bisa menyaksikan indahnya sunga Cimanuk yang berada di bawahnya.

Kawasan potensial dengan keindahan alamnya ini sayang belum tereksplorasi dengan maksimal, salah satunya akses jalan yang belum memadai. Ini merupakan PR bagi pemerintah untuk membangyn infrastruktur yang layak, sehingga Kampung Parigi bisa menjadi kawasan wisata favorit.

Menurut Kepala Desa Cilampuyang, Dadang Rusmana, sekitar 2 km dari area perkampungan (Parigi) jalannya masih berbentuk tanah merah. Sebelumnya, untuk mengkases kawasan tersebut kita hanya bisa melalui pematang sawah.

Selain panorama alam perkampungan nan hijau, Kampung Prigi juga memilki lokasi air terjun yang tak kala indahnya. Untuk bisa sampai ke kawasan air terjun, kita garus menyusuri bebukitan. Dari atas perbukitan itulah kita dapat menyaksikan indahnya pemandangan aliran sungai Cimanuk yang dipenuhi pepohonan vinus disepanjang aliran sungai.

Kedesa Dadang Rusmana yang biasa disapa Abah Aom didampingi sebuah komunitas pelestari peduli lingkungan kawasan Cimanuk, mengungkapkan, tempat itu sudah mulai didatangi para pelancong yang ingin menikmati keindahan alam kawasan Kampung Parigi.

Jajang Syahidin, salah seorang pendamping desa lokal mengatakan, selain keindahan alamnya, di Kampung Parigi juga terdapat sebuah makam keramat Embah Anggapura. Kono yang dimakamkan di tempat itu merupakan salah satu keturunan Suna Gunung Jati Cirebon.

“ Kita tentunya berharap, pemerintah (Pemkab Garut) serius menjadikan potensi Kampung Parigi sebagai destinasi wisata unggulan. Minimal infrastrukturnya bisa lebih layak, karena sulitnya akses menuju tempat-tempat tersebut,” harapnya. (TAF Senopati) ***

Editor: ER.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here