Menduga Ada Penyelewengan Dana Desa, Warga Pasirwaru Laporkan Kadesnya ke Kejari

garutexpress.id – Kepala Desa (Kades) Pasirwaru, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut berinisial YN dilaporkan warganya ke Kejaksaan Negeri (Kajari) Garut, Senin (18/3/2019). Alasan warga Pasirwaru melaporkan Kadesnya ini terkait adanya dugaan penyelewengan Dana Desa yang dilkukan YN.

Menurut Abdul Qodir, salah seorang warga yang melaporkan kasus ini ke Kejari Garut, YN diduga telah menyelewengan Dana Desa untuk tahun anggaran 2017-2018.

“ Ya, Kami melaporkan dugaan penyelewengan DD (Dana Desa) anggaran tahun 2017. Rinciannya, dari pembangunan rabat beton senilai Rp 35 juta. Sesuai draf, lokasinya di kampung Pasirastana dengan anggaran Rp 63 juta untuk rabat beton di kampung Citamiang, namun cuma dibelanjakan sekitar 5 molen,” ungkapnya.

Masih menurut warga Pasirwaru, Toni menyebut bahwa Kades YN juga diduga pada anggaran tahun 2018 tidak melaksanakan pelatihan kapasitas LPM.

“ Pekerjaan Jembatan Ikar yang mana diborongkan pada pak RW dengan harga dibawah, serta lebihnya dipinta Kades Rp 10 juta yang tidak jelas payung hukumnya,”  tambahnya.

Diharapkannya, laporan warga Pasirwaru ini mendapatkan respon dari Kejari Garut. Disamping itu, YN yang tak lain Kades Pasirwaru juga harus mempertanggungnya di hadapan hukum.

Menanggapi aksi warga yang melaporkannya ke Kejari, Kades Pasirwaru, mempersilahkannya, karena itu hak warganya. Namun YN meyesalkan, pasalnya seblumnyanya tidak ada komunikasi dengan warga.

“ Silahkan, pelaporan ke Kejaksaan adalah hak mereka (warga). Seharusnya komunikasi dengan desa ataupun lembaga yang lain. Kalau memang untuk mengkritik membangun. Namun kalau ada apa-apanya saya tidak tahu, tentang tercium aroma politik atau menjatuhkan, saya tidak tahu,” ujar YN, saat ditemui beberapa awak media di Kantor Kecamatan Limbangan, Senin (18/3/2019).

YN sendiri mengaku, sudah melakukan pertemuan dengan LPM dan BPD. Pertemuan itu untuk klarifikasi menuntaskan permasalahan anggaran 2017 dan 2018 yang sudah direalisasi.

“Semuanya sudah diperiksa oleh Inspektorat, adapun ketika ada kekurangan saya siap untuk memperbaiki,” tukasnya. (Tim GE)***

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here