Mau Ikat Jodoh? Yuk ke Curug Citarik

Garutexpress.id– Tempat wisata memang asyik buat liburan. Tapi tahukah anda banyak tempat wisata yang menyimpan sejuta mitos yang melegenda.

Salah satunya di Curug Citarik yang terletak di Kampung Citarik  Desa Sakawayana, Malangbong yang dipercaya dapat merekatkan  jodoh  bagi para jomblo. Oleh masyarakat setempat, air terjun itu sering disebut Curug Perekat jodoh..

Adanya mitos ini dibenarkan oleh Kepala Desa Sakawayana Aceng Isra. Menurutnya curug yang memiliki ketinggian mencapai 23 meter itu sudah ada sejak Talaga Sakawayana masih berfungsi ratusan tahun silam.

Cerita yang melegenda  merupakan salah satu kekayaan budaya yang perlu dipertahankan dan dilestarikan. Berdasarkan cerita, kata dia, Sakawayana memang sangat kental dengan masa kejayaan Prabu Gesan Ulun di Sumedang  pada zaman keemasan Sumedang Larang.

“Bahkan salah satu petilasannya makam ajisaka ada di wilayah kami. Selain itu bukan tidak mungkin legenda mitos curug perekat jodoh ini ada kaitannya dengan Talaga Sakawayana dan Curug Citarik. Mengingat sumber air terjun ini berasal dari Curug Citarik yang bermuara di sungai Cipedes. ” katanya pada wartawan, Jumat (29/3/2019).

Isra menjelaskan ditempat itu para pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam kawasan curug khas pedesaan, juga dipercaya warga jadi tempat untuk perekat  jodoh. Selain curug, kata Isra, ditempat itu juga terdapat makam keramat Aki Wikanta salah satu keturunan Sunan Gunung Jati dan Prabu Gesan Ulun .

“Pengunjung yang datang ketempat itu akan mendapatkan jodoh bagi para jomblo dan bila sudah memiliki pasangan maka pasangannya akan langgeng ” lanjut Isra.

Sementara itu Ketua Kelompok Peduli Pariwisata Desa Sakawayana Iwan Suhada mengungkapkan, untuk anda yang ingin ke Curug Citarik tidak perlu khawatir. Kini ontuk menuju ke Curug Citarik, kini melalui program dana desa pemerintah desa Sakawayana tengah membuka akses jalan sepanjang  900 meter yang disekelingnya perkebunan jagung milik warga. “Nantinya akan jadi destinasi wisata juga,” ucapnya.

Terkait mitos tersebut, Dosen  STTD Ciamis  Eunis Khoerunnisa meminta agar selalu yakin kepada Tuhan Yang Maha Esa daripada mitos. “Percaya sama keputusan Allah SWT lebih baik,” tukasnya  (Seno)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here