Manfaatkan Teknologi, SMKN 1 Garut Gelar UTS Berbasis Smartphone

Seorang siswi SMKN 1 Garut tampak serius mengerjakan soal ujian tengah semster (UTS) dengan menggunakan smartphone-nya, Rabu (6/3/2019). foto: Andri./GE.***

garutexpress.id – Seiring kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang, lembaga pendidikan dituntut harus mengikut zaman. Untuk memanfaatkan teknolgi tersebut baru-baru ini SMKN 1 Garut menggelar ujian tengah semster (UTS) berbasis smartphone.

Menurut Kepala SMKN 1 Garut, H. Ddang Johar Arifin, ada kelebihan UTS dengan menggunakan smartphone, selain menghemat biaya cetak, para pelajar peserta UTS pun bisa lebih mudah mengerjakan soal.

“Selain mempermudah siswa dalam mengerjakan soal, juga menghemat biaya cetak soal,” katanya, kepada beberapa awak media di kampus SMKN 1 Garut, Rabu (6/3/12019).

Para pelajar SMKN 1 Garut saat menegrjakan soal UTS berbasis smartphone, Rabu (6/3/2019)/ foto: Andri/GE.***

Dadang menyebut, dalam mengerjakan UTS, para siswa menggunakan smartphone milik masing-masing siswa. Sementara pihak sekolah hanya menyediakan aplikasi dan server yang telah dirancang khusus untuk UTS.

“Saat UTS berlangsung hanya bisa membukasoal dan memilih jawaban. Mereka tidak akan bisa membuka akases internet karena terkunci aplikasi soal,” ungkapnya.

Sementara itu, Sandra Oktavia mengatakan, dalam gelaran UTS berbasis smartphone ini sekolah telah menyiapkan jaringan internet cepat sebagai penunjang UTS.

“Iya, untuk UTS berbasis smartphone ini sekolah menyiapkan jaringan internet yang lumayan cepat. Guru yang mengawasi (UTS) juga menggunakan smartphone,” ujarnya.

Kepala SMKN 1 Garut berharap, jika UTS berbasis smartphone ini berjalan lancar dan lebih baik dariu UTS-UTS sebelumnya, maka akan diusulkan ke pemerintah untuk melaksanakan UN berbasis smartphone.

“Ya, kalau UTS ini (berbasis smartphone) berjalan lancar dan lebih baik, kita akan usulkan ke pemrintah untuk melaksanakan UN berbasis smartphone. Saya juga menghimbau kepada anak anak (siswa) untuk menggunakan teknologi smartphone ini secara bijak,” pungkasnya. (Andri)***

Editor: ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here