Lima Curug Ngehits di Garut

Lima Curug Ngehits di Garut

Garutexpress.id– Apa yang kamu pikirkan tentang kata Garut? Ya jawabannya pasti dodol. Karena dodol udah jadi trendmark yang historis banget di Garut. Tapi, jangan kira kalau di Garut cuma ada dodol aja ya! Garut punya banyak sekali curug atau air terjun asyik untuk kamu kunjungi bersama keluarga atau teman sejawat.

Ini nih lima Curug yang ngehits dan instagramable banget di Garut yang sayang kamu lewatkan.

1. Curug Ciung

Curug Ciung

Curug Ciung terletak di Desa Peundeuy, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten  Garut, Jawa Barat ini terkenal dengan keeksotisan alam sekitarnya dan airnya yang jernih. Pasti bikin kamu semua senang disini.

2. Curug Rahong
Curug Rahong

 

Curug Rahong terletak di Dusun Cibodas, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, Garut Selatan. Curug ini memiliki debit air yang cukup besar serta bersih dengan aliran air yang terbelah dua oleh batu yang menonjol di tengah curug. Curug Rahong ini memiliki tiga tingkatan curug yang keren banget. Kawasan ini terdapat banyak bebatuan serta batu cadas yang menjadi tebing pengapit curug yang ditumbuhi tanaman liar. Soal tiket masih free alias gratis loh guys.

3. Curug Orok
Curug Orok

 

Curug yang terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 45 meter, dan berada di ketinggian sekitar 250 meter DPL. Asal mula nama Curug Orok ini menurut warga sekitar bahwa pada tahun 1986 ada seorang wanita yang masih muda yang membuang bayi atau oroknya dari atas puncak curug, sehingga dinamakan Curug Orok.

Jika dilihat dari bentuknya curug ini memiliki dua bagian, dimana yang besar dilambangkan sebagai ibu dari bayi dan yang kecil dilambangkan sebagai bayi tersebut.

4. Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghayng Taraje

 

Curug Sanghyang Taraje terletak di desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut ini selain terkenal karena keindahannya, juga terkenal dengan legendanya. Menurut dongeng dari warga sekitar, curug ini merupakan tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan.  Disebutkan kalau air terjun ini digunakan oleh Sangkuriang mengambil bintang untuk Dayang sumbi.

Menurut legenda setempat, di dekat air terjun ini terdapat sebuah batu berbentuk tapak raksasa yang konon itu adalah tapak Sangkuriang. Tapi, jarang sekali orang yang dapat menemuinya.

 5. Curug Nyogong
Curug Nyogong

 

Curug Nyogong terletak di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Curug ini memiliki arti unik. “Nyogong” sendiri dalam bahasa Sunda artinya “menikung” dimana aliran air terjun melewatu batuan besar dan berbelok-belok.

Memang, aliran jatuhan Curug Nyogong sedikit berbelok dari aliran utama di atasnya, yaitu Curug Cialeuan. Sumber aliran Curug Cialeuan dan Curug Nyogong adalah aliran Sungai Cisanggiri yang berhulu di sekitaran hutan Gunung Gelap.

Selain tempatnya oke buat yang doyan foto, juga bisa untuk kamu yang hobi berenang di air terjun. Tapi hati- hati guys, karena banyak batu didasar curug dan banyak batuan licin untuk kita berpijak di curug tersebut. (AI)

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here