KPUD Garut Buka Lowongan untuk 56.392 Petugas KPPS

Ketua KPUD Garut, Junaedin Basri, M.Pd/ foto: Syam/GE.***

garut express.id – Menjelang Pemilu serentak 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut telah membuka pendaftaran calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).  Pendaftaran tersebut dibuka mulai 6 hingga 12 Maret mendatang.

Menurut Ketua KPUD Garut, Junaidin Basri, para petugas KPPS itu nantinya akan ditugaskan di 8.056 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 42 kecamatan.

“Masing-masing TPS membutuhkan petugas KPPS sebanyak 7 orang, yang di dalamnya terdapat dua orang anggota linmas dengan jumlah honor yang diterima Rp 500 ribu,” ucapnya, Kamis (07/03/2019).

Junaidin Basri menjelaskan, syarat untuk menjadi anggota KPPS yakni, WNI, usia 17 tahun, bukan pengurus partai politik, bukan sebagai tim sukses pemilu, berdomisili di wilayah kerja PPK, PPS dan KPPS, bebas dari narkotika dan belum pernah dipidana.

“Para petugas KPPS itu bertugas menyelenggarakan pemilihan di TPS mulai dari pendaftaran, pemberian surat suara, mengarahkan warga masuk TPS, sampai pemungutan suara,” paparnya.

Menurutnya, KPUD Garut menjadwalkan penelitian berkas pendaftaran atau seleksi administrasi pada 13 sampai 19 Maret. Setelah itu masuk pada tahap permintaan tanggapan dari masyarakat pada 21 s/d 26 Maret 2019.

“Sedangkan tahap pengumuman hasil seleksi diumumkan pada (27/3/2019). Mereka yang lulus, akan kami lantik pada 10 April mendatang,” tandasnya.

Junaidin berharap masyarakat Garut antusias berpartisipasi mendaptar menjadi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). (Syam)***

Editor: ER.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here