Kades Sukasenang Banyuresmi jadi Pelopor “Desa Bersinar”

Iwan Ridwan (Kepala Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Garut) diwawancarai sejumlah awak media usai deklarasi Desa “Bersninar” di Aula Desa Sukasenang, Selasa (26/03/2019)/ foto: Doni/GE.***

garutexpress.id – Perang terhadap penyalahgunaan narkotika terus diusung pemerintah Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Kali ini Pemerintah Desa (Pemdes) Sukasenang bekerja sama dengan DPD PANNA, BNN, dan Polres Garut, mengelar ikrar sepakat menjadikan Desa Sukasenang sebagai desa “Bersinar” (Bersih dari Narkoba).

Acara yang berlangsung di aula Desa Sukasenang, Senin (26/3/2019) tersebut bertepatan dengan rencana aksi nasional pencegahan dan penyalahgunaan narkotika dibawah Instruksi Presiden no.6 tahun 2018.

Menurut Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan, esensi dari “Desa Bersinar” adalah wahana edukasi bagi masyarakat terkait bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari penyalahgunaan berbagai zat dan obat terlarang.

SUASANA Deklarasi Desa Bersih dari Narkoba di Aula Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Selasa (26/03/2019)***

“Ini sebagai langkah antisipasi dan pecegahan yang kita lakukan sedini mungkin. Hari ini kita difasilitasi PANNA, BNN, dan Sat Narkoba. Jadi momentum yang bagus agar predikat sebagai desa bersih dari narkoba jadi kenyataan,” ungkapnya.

Diharapkannya, melalui sosialisasi dan deklarasi “Desa Bersinar” masyarakat akan terhindar dari bahaya narkotika.

“Ada beberapa perwakilan unsur masyarakat yang sengaja dihadirkan hari ini. Namun memang sengaja kita hadirkan lebih banyak dari unsur kepemudaan. Maksudnya follow up yang bagus usai acara ini, memang untuk kaum muda,” ujar Iwan.

Usai acara, Ketua DPD PANNA Kabupaten Garut, Igie N Rukmana S Kom, menyampaikan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah pesan moril. Di antaranya berupa ajakan terhadap masyarakat di pedesaan untuk lebih berperan aktif melawan narkoba. Diharapkannya, melalui keterlibatan masyarakat, ruang gerak sindikat narkoba dapat dipersempit.

“Untuk menanggulangi masalah narkoba, selain operasi penangkapan oleh jajaran BNN dan Sat Narkoba. Upaya pencegahan salah-satunya melalui pembentukan Desa Bersih Narkoba. Kami siap membantu dengan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba,” tegas Igie.

Ditambahkanya, para perangkat desa baik RW hingga RT adalah garda terdepan sebagai pelopor dalam menyampaian informasi kepada masyarakat. Potensi penyalahgunaan narkoba, menurutnya, berasal dari satuan lingkungan terkecil.

“Saya harap partispasi dan peran aktif masyarakat dalam upaya mengawasi dan mencegah peredaran narkoba di wilayah masing-masing lebih digiatkan,” tandasnya.

Sementara itu, staff BNN Kabupaten Garut, Kania, merinci, sedikitnya ada 2,2 persen dari total 262 juta jiwa penduduk Indonesia terkontaminasi narkoba. Dijelaskanya, suatu negara dinyatakan darurat narkoba jika 2% penduduknya telah mengkonsumsi narkoba. Pihaknya berharap, melalui “Desa Bersinar” ini, akan muncul ketahanan yang kuat dari desa untuk menangkal ancaman narkoba.

“Artinya kondisi saat ini sudah fase darurat narkoba. Salahsatu upaya memerangi peredaran narkoba dengan gencar mensosialisasikan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba atau lebih dikenal dengan P4GN,” ungkap Kania.

Dari jajaran kepolisian, KBO Sat Narkoba Polres Garut, AKP Tri Harsono SH menegaskan, jajarannya siap menjalin kemitraan dengan pemerintah tingkat desa untuk mendeklarasikan Desa Bersih Narkoba di wilayah lainya.

Tri menekankan, Desa Bersinar tak sekadar deklarasi semata, tapi membutuhkan komitmen kuat mulai dari aparat desa hingga seluruh warga desa.

“Di Garut, ada beberapa desa yang dinilai rawan peredaran narkoba. Terutama desa yang lokasinya berbatasan dengan kabupaten lain. Ini yang kita prioritaskan. Karena kepolisian tak mungkin dapat memberantas narkoba tanpa adanya dukungan warga,” tegas Tri.

Hingga saat ini Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, tercatat sebagai pelopor  gerakan desa bersih dari narkoba di Kabupaten Garut. (Doni Melody)***

Editor : ER.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here