Kabar Kelulusan ASN-P3K Belum Jelas, Kaum Honorer Kembali Kecewa

garutexpress.id – Ribuan honorer peserta tes calon Aparaur Sipil Negara – Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja ( ASN-P3K ) merasa kecewa. Kekecewaan ini dipicu dengan kembali diundurnya jadwal pengumuman kelulusan calon P3K .

Sebelumnya secara serentak di seluruh tanah air,  23 dan 24 Februari (2019) Panitia Nasional (Panselnas) Badan Kepegawaian Nasional  telah menggelar seleksi tes berbasis CAT (Computer Assisted Test).

Awalnya  secara resmi Pemerintah akan mengumumkan kelulusan secara resmi pada 1 Maret 2019 lalu. Nyatanya pemerintah menunda pengumuman itu, dan menjadwalkan ulang 12 Maret 2019. Namun tiba dihari yang dijanjikan, lagi-lagi Panselnas menunda pengumuman itu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Humas BKN, Muhamad Ridwan, kepada wartawan, Selasa ( 12/03/2019 ), menyebut, dari  360 instansi yang menggelas tes CAT, baru 118 pemerintah daerah yang sudah mengusulkan kebutuhan dan kesanggupan untuk membayar P3K dari sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerahnya.

“Karena itu, panitia seleksi nasional memutuskan untuk menunda pengumuman hasil tes PPPK  dari honorer K2,” ujarnya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)  sendiri telah mengeluarkan surat edaran kepada Gubernur/Bupati/Walikota yang menyelenggarakan pengadaan PPPK Tahap I Tahun 2019, untuk menyampaikan usulan ulang paling lambat 11 Maret 2019. Namun, sampai saat ini belum seluruhnya pemda (pemerintah daerah)  mengusulkan kembali formasi dan kebutuhan pegawainya.

Ridwan mengungkapkan, pemerintah memang sudah mengirimkan surat edaran kepada kepala daerah agar segera memasukkan usulannya, terakhir 11 Maret.

“Ini agar paling cepat pengumuman dilaksanakan 12 Maret. Nyatanya baru 48,7 persen pemda yang menjalankannya. Daerah yang belum mengajukan cukup banyak, ada 242. Kami berharap segera memasukkan agar pengumuman bisa dilaksanakan,” harapnya. ( Seno )***

Editor: Dony Melody


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here