Jokowi Menang Di Jabar, TKD Janjikan Bahas Lagi DOB di Jawa Barat, Termasuk Garsel

MQ Iswara, juru bicara TKD Jawa Barat, saat bertemu wartawan di Garut, Minggu (10/3/2019).
MQ Iswara, juru bicara TKD Jawa Barat, saat bertemu wartawan di Garut, Minggu (10/3/2019).

Garutexpress.id – Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan calon presiden wakil presiden nomor urut 01, menjanjikan membuka kembali pembahasan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jawa Barat, khususnya untuk Garut Selatan, Sukabumi Selatan dan Bogor Utara.

“Pada prinsipnya pemekaran Garut Selatan, Sukabumi Selatan, Bogor Utara menjadi perhatian kita ya, kita usung kembali pemekaran,” jelas MQ Iswara, juru bicara TKD Jawa Barat, saat bertemu wartawan di Garut, Minggu (10/3/2019).

Iswara yang juga pengurus DPD Golkar Jawa Barat menyampaikan, pemekaran Garut Selatan, Sukabumi Selatan dan Bogor Utara di Jawa Barat, telah selesai dibahas di tingkat kabupaten dan provinsi. Semua pun telah menyetujui pemekarannya.

“Bolanya ada di DPR-RI sekarang, tapi saat ini tidak mungkin dibahas, nanti setelah Pemilu sangat memungkinkan,” jelasnya.

Salah satu langkah strategis yang akan diambil menurut Iswara dirinya akan mendorong pencabutan moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB). Jika moratorium dicabut, maka pembahasan DOB bisa kembali dilakukan.

“Ini bukan soal bagi-bagi kue kekuasaan lagi, tapi memang tiga daerah itu sudah sangat layak dimekarkan ditinjau dari berbagai sisi,” jelasnya.

Dari segi jumlah penduduk dan luas wilayah saja, Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar. Pemekaran, dipandang perlu untuk mengangkat kesenjangan berbagai sektor di daerah.

“Seperti Garut misalnya, wilayahnya sangat luas, kecamatan terjauh butuh lebih lima jam perjalanan ke pusat pemerintahan kabupaten,” katanya.

Pemekaran, menurut Iswara bisa memotong jauhnya rentang kendali pemerintahan dan mempercepat akses masyarakat ke pemerintah.

“Jadi pelayanan pemerintah pada masyarakat bisa lebih cepat, ini demi pelayanan masyarakat jadinya,” katanya.

Iswara menuturkan, proses pemekaran Garut Selatan saat ini tinggal menunggu pengesahan dari DPR-RI. Karenanya, perlu juga ada komitmen dari DPR-RI untuk mau membantu pemekaran Garut Selatan.

“Saya akan meminta para pimpinan partai Koalisi Indonesia Kerja memperjuangkan melalui para pimpinan fraksinya di DPR-RI,” katanya.

Iswara menambahkan, Presiden Joko Widodo tentunya sangat menghargai aspirasi dari warga soal pemekaran. Dirinya yakin, Jokowi pun akan mengapresiasi aspirasi tersebut. (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here