Jelang Pemilu 2019, KPU Garut Antisipasi WNA Masuk DPT

Ketua KPUD Garut, Junaedin Basri, M.Pd/ foto: Syam/GE.***

garutexpress.id – Menjelang digelarnya Pemilu 2019 pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut melakukan antisipasi Daftar Pemilih Tetap. Antisipasi yang dilakukan KPU di antaranya terkait  adanya Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Garut, Junaedin Basri mengatakan, baru-baru ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Garut melaporkan, adanya 70 WNA yang tinggal di Garut. Dari 70 orang tersebut, seorang di antaranya kini sudah menjadi WNI.

” Seorang WNA yang sudah jadi WNI ini sudah masuk ke daftar pemilih khusus. Sisanya kami sedang cek. Sampai sekarang tidak ada WNA yang masuk ke DPT,” ujar, Kamis (7/3/2019).

Dijelaskannya , dari 69 WNA, 11  orang ada yang sudah mempunyai Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap). Sementara 58 orang lainnya baru memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas).

Untuk mengatisipasi adanya DPT dari WNA, pihak KPU Garut telah melakukan pertemuan dengan pihak terkait. ” Kami juga minta ke Disdukcapil untuk perbaharui datanya.  KPU juga sama melakukan pengecekan DPT-nya. KPU akan melakukan pendataan DPT hingga 17 Maret (2019),” pungkasnya. (Tim GE)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here