Jalan Jalur Garut-Sumedang Via Slaawi Tertimbun Longsor

APARAT kepolisian dan Pemerintahan Desa Samida berjaga di lokasi longsoran tanah di Kampung Cipayung untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. (Foto : Use G. Ramdani)***

garutexpress.id – Longsoran tanah sepanjang 20 meter menutupi permukaan jalan  jalur Garut menuju Sumedang via Slaawi. Lokasi longsor terjadi di bilangan Kampung Cipayung, Desa Samida, Kecamatan Slaawi, Garut, Selasa (5/3/2019) sekira pukul 18.30 WIB.  Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Selaawi dan sekitarnya sejak sore hari.

Menurut Kepala Desa Samida,  Koko, longsoraan tanah yang berasal dari tebing pinggir jalan setinggi 8 meter tersebut, sempat membuat puluhan kendaraan dari kedua arah terhenti total. Tetapi setelah puluhan warga dan aparat kepolisian menyingkirkan material longsor dengan alat seadanya, akhirnya kendaraan roda dua bisa melewati jalur tersebut.

“Namun untuk kendaraan roda empat sampai pukul 21.30 WIB ini masih belum bisa melewati jalan yang terkena longsor,” ungkap Koko kepada garutexpress.id, di lokasi kejadian.

Melihat kondisi seperti itu, beberapa pengendara roda empat yang hendak melewati jalan tersebut memutuskan berbalik arah dan mencari jalur alternatif lain.

Salah seorang pengengdara yang terjebak longsor, Irfan Maulana (32), memilih memutar arah kendaraannya. Irfan yang berencana pergi ke Darmaraja Kabupaten Sumedang itu, akhirnya memilih jalur Malangbong untuk menuju Darmaraja.

“Jauh sedikit tidak apa-apa yang penting lancar dan selamat,” ujarnya.

Pihak kepolisian dan aparat pemerintahan setempat, sudah menghubungi dinas PUPR Garut agar mengirimkan alat berat ke lokasi longsor.

Sampai sejauh ini belum diketahi jumlah korban dan kerugian material akibat bencana longsor tersebut. (Useu G. Ramdani)***

Editor : SMS


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here