GPBG Makin Meriah, Menpar : Semakin Mensejahterakan

Gebyar Pesona Budaya Garut 2019

garutexpress.id– Wisata Jawa Barat akan semakin meriah di tahun 2019 ini, karena akan ada enam event terbaik Jawa Barat yang masuk dalam 100 Calendar of Events 2019, satu diantaranya adalah Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG).

Event budaya yang diadakan tiap tahun ini rencananya akan digelar 6-7 April 2019. Tahun ini GPBG mengangkat tema Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang. Yang artinya adalah Melestarikan Budaya Bangsa untuk Dikenal di Mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar dilansir Galamedianews.com, Kamis (28/3/2019) mengatakan, pihaknya akan mengundang 30 perwakilan negara untuk ikut memeriahkan GPBG 2019.

Dalam GPBG tahun ini, pihaknya juga akan menghadirkan berbagai kegiatan budaya dan ekonomi kreatif. “Gebyar Pesona Budaya Garut sendiri bisa membawa dampak positif bari Kabupaten Garut. Salah satunya meningkatkan sektor pariwisata,” katanya.

Ia juga mengatakan, Gebyar Pesona Budaya Garut tahun ini adalah yang kedua kalinya masuk dalam 100 Calendar of Events Kementrian Pariwisata RI. Pada tahun ini akan ada perbedaan dan dipastikan lebih meriah dibandingkan gelaran di tahun sebelumnya.

Dalam acara ini akan dimeriahkan 20 komunitas seni dan budaya, 9 masyarakat adat, perwakilan dari kecamatan dan desa di Kabupaten Garut. Akan ada Rampak Silat Bambu Runcing yang menampilkan 700 pendekar dari 29 padepokan silat.

Selain itu juga akan ada pameran, bazar, budaya batik Garutan, pengrajin kulit, parade seni, dan pesta rakyat. Selain gelaran budaya, akan ada 150 stan UMKM termasuk perwakilan dari empat negara yang ikut promosi. Bahkan, enam duta besar dari negara-negara sahabat turut hadir.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman berterima kasih kepada Kemenpar RI, karena GPBG masuk dalam 100 Calendar of Events 2019. “Event ini merupakan salah satu kegiatan budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka hari jadi Kabupaten Garut,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam rilisnya mengaku sangat mendukung pelaksanaan Gebyar Pesona Budaya Garut. Karena even ini mampu melestarikan budaya Garut yang masih jarang diketahui banyak orang. “Event ini sudah berlangsung 17 tahun dan sangat konsisten mengangkat budaya Garut dan Jawa Barat. Kemasan eventnya juga bagus karena selalu melibatkan masyarakat. Garut mampu mengartikan budaya semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan,” katanya. (AI)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here