Gozan Raih Kampiun Cabor Karate O2SN SD Kecamatan Tarogong Kaler

Gaozhan Dzakwan Jauhar

garutexpress.id – Meski megaku sempat gugup, Gaozhan Dzakwan Jauhar, akhirnya mampu merebut gelar kampiun nomor kata perorangan putra cabor karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Dasar (SD) tingkat Kecamatan Tarogong Kaler.

Pada partai final yang digelar di Aula UPTD Pendidikan Kecamatan Tarogong Kaler, Sabtu (9/3/2019), karateka cilik siswa kelas III SD IT Darul Abror ini tampil  cukup memukau. Lewat keindahan rangkaian jurus kata formal (1-5) yang ditampilkannya, Gaozhan berhasi memaksa dewan juri memberikan angka tertinggi untuk menyisihkan sembilan finalis lainnya.

Berkat prestasinya itu, Gozan – sapaan akrabnya, berhak mewakili Kecamatan Tarogong Kaler pada event O2SN tingkat Kabupaten Garut yang akan digelar akhir bulan ini.

Ini memang bukan kali pertama Gozan tampil di ajang kejuaraan. Sebelumnya, bocah tampan yang bercita-cita menjadi atlet nasional ini, juga sempat mengikuti kejuaraan karate tingkat nasional UPI Cup 2018 di Bandung.

Gozan mulai berlatih karate sejak tahun 2017. Ia bergabung di Bandung Karate Club (BKC) Dojo Peson Intan, yang dikomandani Kang Layung.

Saat ditanya tentang gelar munggarannya di ajang kejuaraan, putra cikal pasangan Yudi Syarif Hidayatulo, S.Pd dan Reni Priantini Desca, SE, ini mengaku gembira. Meski, Gozan sendiri tak pernah menyangka bisa meraih gelar juara pertama. Pasalnya, kata Gozan, lawan yang dihadapinya sama-sama memiliki skill cukup mumpuni.

“Gozan gugup sebelum bertanding. Tapi bahagia waktu tahu jadi juara ke I,” dijawabnya dengan wajah berseri-seri.

Sebagai orang tua, Yudi Syarif mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan Gozan. Terlebih karena karier Gozan di dunia karate bisa dibilang baru seumur jagung.

“Tentu, kami sebagai orang tuanya merasa bangga. Kami juga berharap Gozan bisa konsisten dalam menapaki kariernya sebagai atlet karate,” papar Yudi yang berprofesi  sebagai guru di SMAN 18 Garut ini.

Menurut Yudi, dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengikuti kegiatan olahraga, ini diharapkan menjadi kegiatan positif agar anak bisa terhindar dari kebiasaan kurang sehat dengan berlama-lama di depan gadget.

“Selain itu, juga melatih anak untuk mulai menyadari arti penting dalam mempertahankan diri dari hal apapun yang membahayakan di lingkungan kesehariannya,” jelas Yudi.

Selain menekuni olahraga karate, Gozan yang tinggal di Perumahan Pesona Intan Blok F5 No. 20 RT 03/11 Desa Sirnajaya, Kec. Tarogong Kaler, ini juga dikenal hobi berat makan ayam goreng.

Ketika ditanya tentang tokoh idolanya. Gozan dengan mantap menjawab, “Master Limbad,” tandasnya. (Akuy)***

Editor : SMS


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here