Diduga Selewengkan Dana Desa, Kades Tegalpanjang Ditahan Kejari

garutexpress.id – AG tak lagi bisa mengelak.  Kepala Desa  Tegal Panajang, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, akhirnya harus rela meringkuk di sel tahanan Kejaksaan Negeri Garut. Ia ditahan setelah menjalani pemeriksanaan oleh penyidik selama 5 jam, Rabu (6/3/2019).

Dari hasil penyidikan terungkap, AG diduga menyelewengkan dana desa (DD) serta dana infrastruktur pedesaan (IP) tahun 2016. Akibat penyalahgunaan anggaran tersebut, ditaksir kerugian negara mencapai Rp 141 juta.

Dalam wawancara di sebuah radio swasta, Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengaku prihatin prihatin atas kejadian tersebut. Menurut Rudy, berkaitan dengan kasus tersebut sebenarnya  telah dilakukan  mediasi, baik oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) ataupun Inspektorat.

“Prihatin tentunya. Dengan ditahannya Kades Tegalpanjang ini. Saya berharap kasus ini menjadi pelajaran bagi para kades, supaya tidak terjadi lagi di masa datang,” katanya.

Rudy menegaskan, dengan ditahannya Kades Tegal Panjang ini pihaknya akan melakukan langkah memberhentikan sementara.

“Setelah menerima rekomendasi dari camat (Sucinaraja) kita akan tunjuk pelaksana tugas (plt) nya dari staff  kecamatan. Kita juga harus mengedepankan azas praduga tidak bersalah,” tukasnya. (Tim GE)***

Editor: ER

.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here