Dana Desa Tahap Pertama di Garut Cair Rp 448 Miliar

Doni Adam, Kepala Bagian Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut./ foto: Syam/GE.***

garutexpress.id – Kepala Bagian Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Doni Adam menegaskan, pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2019 sudah dicairkan pertengahan Maret 2019 lalu.

“Pagu Dana Desa Tahap I untuk Kabupaten Garut sebesar Rp 448 miliar, atau sekitar 20 persen dari jumlah keseluruhan. Pencairan Dana Desa 20 persen tersebut mekanismenya yakni para kepala desa menyerahkan laporan lertanggung jawaban (LPJ) realisasi Dana Desa tahun 2018,” ungkap Doni, saat ditemui garutexpress.id di ruang kerjanya, (19/3/2019) .

Dijelaskannya, setelah masuk ke rekening daerah, kemudian penyaluran ke kas rekening desa kemudian dilakukan pengajuan oleh desa berupa rekomendasi pencairan ke kecamatan. Selain Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN, alokasi dana desa (ADD) pun saat ini sudah dicairkan.

“ Pencairan Dana Desa (DD) dilakukan dalam tiga tahap, di mana pada tahap pertama ini pencairannya sebesar 20 persen dari total alokasi Dana Desa tahun 2019 untuk 421 Desa yang tersebar di 42 kecamatan,” tambahnya.

Sementara untuk tahap kedua dan ketiga, lanjut Doni Adam, pencairan Dana Desa akan dilakukan masing-masing sebesar 40 persen pada bulan Juni dan Juli di minggu ke empat. ” Di pagu anggarannya, jumlah Dana Desa di masing-masing desa tidak sama,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan Permendagri 20 tahun 2018, penggunaan Dana Desa bisa digunakan untuk kedaruratan yang didalamnya terdapat penanggulangan bencana.

“ Diharapkan Dana Desa dapat memajukan kesejahteraan masyrakat. Silakahkan pemerintah desa menggunakannya sesuai aturan yang berlaku. Saya berpesan cukup dengan dua kata  yaitu “Taati Aturan,” tandasnya. (Syam)***

Editor: ER.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here