Cisurupan Diterjang Banjir Akibat luapan Sungai Cimanuk

Warga setempat berusaha membersihkan longsoran tanah usai diterjang banjir akibat luapan sungai Cimanuk.*

Garutexpress.id – Sungai Cimanuk kembali meluap mengakibatkan banjir dan longsor di Kampung Cimanuk, Desa Sukatani, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jumat (22/3/2019). Banjir mulai terjadi pukul 13.00 WIB.

Namun, peristiwa ini sempat menghebohkan warga netizen dengan beredarnya video peristiwa banjir satu tahun yang lalu. Dalam video yang di sebar di media sosial, banjir tersebut terjadi hingga menutup atap rumah.

Menanggapi hal tersebut,

Kapolsek Cisurupan, AKP Surya membenarkan adanya banjir dan longsor yang terjadi karena luapan Sungai Cimanuk. Namun ia membantah, jika banjir sampai merusak sejumlah rumah seperti yang bereda di media sosial.

Menurutnya, video tersebut bukan berada di wilayah Cisurupan dan merupakan video lama. Surya membantah, jika banjir sampai merusak sejumlah rumah seperti yang bereda di media sosial.

“Banjir sempat menutup Jalan Cimanuk yang menghubungkan Desa Sukatani dan Sukawangi,” kata Surya saat dihubungi, Jumat (22/3/2019).

Pada sore hari setelah banjir surut, warga bersama aparat melakukan pembersihan sisa banjir dan longsor. Jalan Cimanuk pun sudah bisa dilalui kendaraan.

“Banjir sudah surut dan material yang menutup jalan juga sudah dibersihkan. Sudah kembali normal,” ucapnya.

Ia menegaskan, video yang beredar di media sosial adalah hoax. Ia mengimbau kepada masyarakat jangan panik namun tetap waspada karena intensitas hujan masih tinggi.(FW)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here