Bupati Garut Sebut Ideal Gajih Kades Rp 12,5 Juta

Bupati garut, anggota BPK RI , Hj.Siti Mufattahah DPR RI dalam acara Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa di Hotel Harmoni.Cipanas Garut.22/03/ Seno
Bupati garut, anggota BPK RI , Hj.Siti Mufattahah DPR RI dalam acara Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa di Hotel Harmoni.Cipanas Garut.22/03/ Seno

Garutexpress.id ,- Rencana kenaikan gajih kepala dan perangkat desa mengacu pada standar kelayakan, hingga saat ini masih sekadar wacana.

Bupati Garut, H.Rudi Gunawan, menyampaikan bahwa saat ini penghasilan kepala desa masih terlalu kecil. Idealnya, menurut bupati, gajih dan oprasional kades sudah sampai di angka 12,5 Juta perbulan.

”Memang bila dibanding kabupaten lain penghasilan kepala Desa di Kabupaten Garut cukup besar. Tapi idealnya tembus 12,5 juta rupiah. Itu sudah BOP didalamnya, ini baru rasional ” ujar Rudi Saat menghadiri sosialisasi peran BPK dan DPR RI tentang pengelolaan dana desa, di Hotel Harmoni, Jumat siang, ( 22/03/2019 ).

Bagi banyak kalangan anggaran yang bergulir ke desa ini dinilai cukup besar. Namun sebenarnya, sambung Rudi, bila digunakan dengan maksimal anggaran Satu Miliar tidak akan cukup untuk membangun 3 kedusunan sekaligus.

Dalam kesempatan itu bupati menyambut baik adanya sosialisasi pengeloaan dana desa yang diprakarsai oleh BPK. Diharapnya hal ini akan bermanfaat dan menambah pemahaman bagi para kepala desa.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Desa Mekarasih, Dadan Wildan, menyambut baik adanya sosialisasi ini.

“Ini sangat baik tentunya, jelas diperlukan oleh para Kepala Desa sebagai acuan dan rambu – rambu,” ujar Dadan.

Namun kata dia, terkait penghasilan kepala Desa saat ini, benar seperti yang dibilang bupati masih minim bila dibanding dengan tugas dan tanggung jawab seorang Kades.

Kepala Desa lainya, Popon Hasanah, berharap soal kenaikan penghasilan kepala desa jangan hanya sekedar wacana.

“Yang real – real saja sih maunya. Kala mau naik ya naik, bukan sekedar wacana saja,” ujar kades perempuan dari Desa Sekarwangi itu.

Para perangkat desa memang berharap kini tengah berharap kenaikan upah seperti yang dijanjikan pemerintah. Tentunya dengan angka yg seimbang dengan tugas dan tanggungjawab, bukan rencana – rencana saja. ( Seno) *


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here