Bupati Garut : Pelantikan tak Dipungut Biaya Apapun?

garutexpress.id – Bupati Garut, Rudy Gunawan, menegaskan, tidak ada lagi istilah pungutan dalam hal pelantikan pejabat. Karena itu, belakangan, sejumlah acara pelantikan pun dilakukan di Lapang Setda Pemkab Garut, dan tidak lagi di Pendopo.

“Kalau dulu indikasinya ada karena untuk beli konsumsi, dan lain lainnya. Tapi sekarang semua itu dirubah. Dari mulai pelantikan Sekda, para kepala SKPD, dan sekarang pelantikan kepala sekolah SD, SMP pun disini di lapang. Tadi lihat sendiri kan,” kata Bupati usai melantik dan pengambilan sumpah jabatan bagi 1.436 kepala sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Garut, di Lapang Setda Garut, Rabu (6/3/2019) lalu.

Bahkan, dalam sambutannya Bupati menyarankan kepada para kepala sekolah untuk makan-makan di rumah makan saja beramai-ramai, nonton film, dan keliling di Kota Garut.

“Silahkan, kepada para kepala sekolah yang dari daerah makan-makan, nonton film. Di sini bioskopnya juga bagus. Jalan-jalan di kota Garut. Ini mah bagi kepala sekolah yang dari jauh,” katanya.

Bupati menekankan kepada para kepala sekolah dan ASN di lingkungan Pemkab Garut untuk bisa menjaga intregitas sebagai pejabat aparatur negara. Juga agar bisa membina, merawat sekolah dengan baik. Menyangkut anggaran-anggaran yang ada di sekolah, tegas Bupati, menjadi tugas guru dalam mengawalnya.

Bupati pun menyinggung pentingnya keberadaan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan. Dengan pemikiran, Kementerian Pendidikan melalui Kemendagri untuk mengajukan kepada pemerintah pusat agar diadakan UPTD Pendidikan di tiap kabupaten/kota.

“Beberapa kabupaten/kota mengajukan agar UPTD itu ada, dan respon baik dari Kemendagri untuk membolehkan ada UPTD yang dianggap sangat penting bagi kelangsungan pendidikan kita,” ujar Rudy.

Bupati berharap, ke depan, dengan diangkatnya dan dikukuhkan kepala sekolah dasar saat ini memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Kabupaten Garut.

“Saya berharap, kualitas pendidikan di Kabupaten Garut meningkat. Begitupun dengan indek pendidikan Garut yang masih rendah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Totong, S.Pd, M.Si, menyerukan, jika terbukti ada yang memberikan uang saat pelantikan dimohon untuk segera melaporkan. Totong menegaskan, tidak akan segan segan mencopotnya. (Alle)***

Editor : SMS


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here