BI Edukasi Uang Digital Kepada Mahasiswa Uniga

Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengelolan Uang Rupiah serta Layanan Administrasi Sukarelawti Permana dan Rektor Uniga A. Syakur Amin saat seminar BI Mengajar “Sistem Pembayaran Di Era Ekonomi Digital” di Universitas Garut, Kamis (28/3/2019)

Garutexpress.id– Universitas Garut (Uniga) bersama Bank Indonesia (BI) menggelar seminar BI Mengajar “Sistem Pembayaran Di Era Ekonomi Digital” Yang di selenggarakan di aula Fakultas Ekonomi Uniga, Kamis (28/03/19).

Kegiatan tersebut membahas terkait perlindungan konsumen yang di dukung melalui sosialisasi mengenai instumen pembayaran baik tunai maupun non tunai yang di sampaikan melalui sosialisasi program Gerakan Nasional Non Tunai dan Gerbang Pembayaran Nasional.

GPN adalah suatu sistem yang menintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional, sehingga dengan kartu berlogo GPN masyarakat dapat bertransaksi pembayaran dalam negeri di kanal pembayaran yang berbeda.

Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengelolan Uang Rupiah serta Layanan Administrasi Bank Indonesia Sukarelawti Permana mengatakan, program ini merupakan serangkaian kegiatan dari hari konsumen Nasional beberapa waktu lalu di Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tujuan memberikan informasi tentang lembaga perbankan melalui Program BI Mengajar.

Terkait BI mengajar yang kali ini perkembangan dunia sangat cepat sekali kata Sukarelawati untuk instrumen pembayaran sendiri sudah menggunakan berbagai teknologi.  “Tidak hanya Bank maupun non Bank teknologinya beragam seperti kartu. Pembayaran dengan menggunakan smartphone juga saat ini sangat relevan,” katanya.

Memang katanya Bank Indonesia sangat konsen terhadap perkembangan metode pembayaran saat ini karena BI yang mengatur dan menjaga segala bentuk transaksi pembayaran. Pada era milenial dan kaum milenial ini katanya, sudah sangat akrab dengan uanh digital. Salah satunya ketika melakukan pembelanjaan secara online.

“Dan kita harus memberikan informasi dan pemahaman tentang transaksi online ini agar aman, dan ada hal-hal yang harus diperhatikan khusunya sebagai konsumen,” katanya.

Rektor Uniga, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, mengatakan kegiatan ini merupakan edukasi kolaborasi peluang peluang kepada mahasiswa untuk melakukan usaha usaha tanpa harus membawa uang cash dan tanpa harus jauh-jauh hanya dengan konektif dan kreativitas.

“Pesertanya dari kampus Universitas Garut, Kabupaten Garut, perwakilan swasta, perwakilan pemerintah, dan masyarakat umum,” Ucapnya,

Rektor berharapan mahasiswa teredukasi dan diberikan pemahaman bagaimana mekanisme sistem keamanan serta perlindungan yang digunakan ketika kita menggunakan kegiatan transaksi dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menukarkan kartu GPN secara gratis. (AI)

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here