Bapas dan Lapas Garut Tanam Pohon di Kawasan Copong

Kepala Bapas Garut, Kadar Rusmana menanam bibit pohon di kawasan Bendung Copong, Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jumat (22/3/2019).

Garutxpress.id – Lapas Kelas II B Garut bersama Bapas Kelas II B Garut melakukan penamaman pohon di kawasan Bendung Copong dalam rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke 55.

Plh Kalapas Kelas II B Garut, Dadan, mengatakan, penanaman pohon di lingkungan Bendung Copong sangat penting dilakukan. Keberadaan pohon membuat suasana lebih indah dan mencegah bencana.

“Apalagi pada 2016, Garut sempat ditimpa banjir bandang. Selama ini kondisi di sekitar Bendung Copong terlihat gersang,” ujar Dadan di sela kegiatan penanaman pohon, Jumat (22/3/2019).

Keberadaan pepohonan di sekitar Bendung Copong diharapkan bisa menjaga lingkungan dari hal-hal yang tak diharapkan. Akar pepohonan mampu memperkuat ketahanan tanah dari gerusan air yang dinilainya sangat rawan bencana.

“Ada bibit albasiah yang kami tanam. Jenis ini lebih cepat tumbuh dibanding tanaman lainnya. Total sebanyak 250 pohon yang ditanam,” ucapnya.

Kabapas Kelas II B Garut, Kadar Rusmana menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Penanaman yang dilakukan di kawasan Bendung Copong ini sangat strategis karena berada di aliran Sungai Cimanuk.

“Kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat paling tidak bisa mengurangi risiko bencana. Dengan adanya pepohonan yang berakar kuat, tingkat kestabilan tanah akan lebih kuat,” ucap Kadar. (FW)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here