Awasi! Disperkim Kucurkan Bantuan untuk 2.228 RTLH

SALAH seorang kepala desa di Garut saat meninjau salah satu rumah yang ambruk akibat lapuk.*

Garutexpress.id – Dinas Perumahan dan Permukiman (disperkim) Kabupaten Garut, menggulirkan bantuan untuk perbaikan 2.228 rumah tidak layak huni (RTLH). Anggaran yang digunakan bersumber dari Dana Alokasi Umum, Bantuan Gubernur Jawa Barat dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Alhamdulilah untuk tahun ini ada 2.228 rumah yang akan diperbaiki. Bantuan ini diperuntukan bagi rumah tidak layak huni,” kata Sekretaris Dinas Perumanan dan Permukiman Kabupaten Garut, Ir Luna Aviantrini, Kamis (21/3/2019).

Luna menjelaskan dananya bersumber dari DAU akan digunakan untuk memperbaiki 148 unit RTLH. Sementara dari bantuan Gubernur Jawa Barat dialokasikan untuk 1.080 RTLH.

Sementara dana yang bersumber dari BSPS kata Luna, akan dialokasikan untuk membangun 1.000 RTLH. Pembangunan rumah dari tiga alokasi bantuan itu, rencananya akan di sebar ke tiap kecamatan dengan kuota yang berbeda.

“Kecamatan yang paling banyak kuotanya yaitu Malangbong. Mungkin karena luas cakupan kecamatan ini paling luas di Garut,” kata dia. (MHI)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here