Antologi Puisi “Kerinduan” Komunitas Coretan Pena

garutexpress.id – Kabar baik bagi para sastrawan muda. Komunitas Coretan Pena kembali berencana menggelar gawe bareng penerbitan buku antologi puisi. Kali ini tema yang diusung tentang “kerinduan”.

Untuk mewujudkan rancana besarnya itu, Komunitas Coretan Pena yang dikomandani Aditya Ansor Alsunah, coba memberikan ruang kepada semua kalangan pecinta puisi untuk bergabung dalam gawe rancage tersebut.

“Ya, penerbitan antologi puisi kali ini terbuka untuk semua kalangan. Baik bagi mereka yang masih berstatus pelajar SMP, SMA/SMK, juga umum,” terang Aditya, alumnus  Madrasah Aliyah Al-Fatah Cikembang.

Berkaitan dengan tema yang diusung, Aditya beralasan karena ikhlwal “kerinduan” merupakan hal amat manusiawi, romantis, dan tak berbatas waktu. Soal kerinduan, juga tak cuma bicara tentang sang kekasih, melainkan juga tentang alam, suasana, bahkan Sang Maha Pencipta.

“Mudah-mudahan apa yang kami rencanakan berjalan lancar dan mendapatkan tanggapan positif, khususnya dari para insan sastra,” ujar Aditya kepada garutexpress.id, Senin (18/3/2019).

Rencananya, buku antologi puisi “Kerinduan” akan dipasarkan secara terbuka. Termasuk ke sekolah-sekolah. Pasalnya, kata Aditya, para siswa di sekolah sangat kekurangan bahan literasi, khususnya ketika mempelajari puisi.

Selain itu, puisi yang ada di buku (Bahasa Indonsia) pegangan siswa terbitan pemerintah agak sulit dicerna oleh para siswa. Apalagi mereka yang baru pertama kali mengenal puisi.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak para siswa tidak hanya mampu membaca dan menggali makna puisi. Tetapi sekaligus mendorong mereka untuk sama-sama berkreasi. Ya, sekaligus untuk memperkaya khazanah buku sumber sebagai bahan literasi sekolah,” terang Aditya, yang juga berprofesi sebagai guru Bahasa Indonesia.

Bagi Anda yang berminat bergabung mewujudkan buku antologi puisi “Kerinduan”, ini persyaratannya :

  • Karya asli atau original
  • Masing-masing peserta mengirimkan 2 naskah puisi
  • Dilengkapi dengan Nama Lengkap,titimangsa,dan Biodata singkat
  • Ditulis di Microsoft Word,dengan font Times New Roman, ukuran Font 12, Spasi 1.5, dan ukuran kertas A4.
  • Dikirim ke alamat email : Coretanpena03@Gmail.Com
  • Deadline pengiriman naskah puisi tanggal 18-31 Maret 2019

Ini merupakan kali kedua Komunitas Coretan Pena mewujudkan gagasannya. Sebelumnya, pada September 2018, mereka juga berhasil mewujudkan mimpinya menerbitkan antologi puisi bertajuk “Topeng Jiwa”.  Sebuah karya antologi puisi bertema kemanusiaan dan sosial. (SMS)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here