Antisipasi Kecurangan Pemilu, Bawaslu Garut Siagakan Pengawas Desa

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Dr Hj. Ipa Hafsiah Yakin, SE., M,Si., MM., menyampaikan materi dalam Rakernis di kantor Sekretariat Panwascam Selaawi, Sabtu (30/03/2019)***

garutexpress.id – Untuk menjaga kondusifitas dan mengantisipasi berbagai kemungkinan kecurangan dalam proses pemilu, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Selaawi menggelar Rapat Kerja Tekhnis (Rakernis) di kantor sekretariat Panwascam Selaawi, Sabtu (30/03/2019).

Agenda bertajuk “Rakernis Pengawasan Kampanye dan Rapat Umum Bagi Pengawas Desa” ini dihadiri langsung Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Dr Hj. Ipa Hafsiah Yakin, SE., M,Si., MM.

Dalam pemaparan materinya, Hj Ipa menekankan kepada para petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk memahami regulasi aturan dalam pemilu. Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait juga harus dilakukan jika ada temuan pelanggaran kampanye.

SUASANA acara rapat kerja tekhnis (rakernis) yang digelar di kantor Panwascam Selaawi, Garut, Sabtu (30/03/2019)***

Disamping itu, Ia juga mengimbau kepada para pengawas desa untuk menyiapkan mental yang kuat untuk menghadapi berbagai kemungkinan dalam proses pemilu.

“Para pengawas tentunya harus memahami regulasi aturan pemilu dan selalu berkoordinasi jika menemukan pelanggaran. Selain itu, siapkan mental yang kuat untuk menghadapi berbagai kemungkinan dalam proses pemilu ini,” tuturnya.

Hj Ipa menambahkan, khusus untuk pengawasan pada masa kampanye, para petugas Panwascam selalu siap dan siaga membawa berbagai kelengkapan dalam bertugas. Selain kartu identitas petugas (ID Card), petugas pengewasan juga harus selalu membawa form A untuk mencatatkan bukti jika menemukan pelanggaran dalam kampanye.

“Petugas (pengawas) harus selalu mengkapi diri dengan legalitasnya. Dan jangan lupa juga form A harus selalu dibawa untuk mencatat bukti, jika ada temuan di lapangan,” tukasnya.

Usai menyampaikan materi, Hj Ipa secara khusus menyampaikan apresiasinya untuk Ketua Panwascam Selaawi, Useu G Ramdani beserta jajarnya. Menurutnya, selama ini Panawascam Selaawi telah menjalankan tugasnya secara profesional dan sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) nya.

“Saya sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya khusus untuk ketua dan anggota Panwaslucam Selaawi, pengawas desa, juga petugas PTPS atas kinerjanya. Dari kinerja ini output-nya kita bisa mengawal demokrasi yang lebih bermartabat, jurdil dan berinegritas,” katanya.

Diharapkannya, dengan kinerja pengawasan yang profesional ini bisa melahirkan pemilu yang sukses tanpa ekses sesuai dengan amanat konstitusi. (ER)***

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here