Air Terjun Mendadak Muncul dari Puncak Gunung Galunggung

SALAH seorang warga saat mengamati air terjun dadakan dari puncak Gunung Galungung, Kamis (28/3/2019).*

Tasik, Garutexpress.id – Warga setempat dihebohkan dengan munculnya air terjun dadakan dari puncak gunung Galungung. Kemunculan air terjun tersebut, ramai diperbincangkan netizen di dunia maya.

Seorang nitezen @Juned15 mengunggah video bagaimana air terjun itu muncul. Postingan itu mendapat berbagai tanggapan dari netizen.

Kepanikan warga terjadi di lokasi air terjun dadakan. Warga Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya berhamburan keluar rumah menyaksikan air terjun dadakan tersebut.

“Saya kaget tiba-tiba ada air terjun. Terus terang saja warga merasa khawatir,” kata Ajun (35), kepada garutexpress.id, Kamis (28/3/2019).

Ajun mengaku, empat hari belakangan ini wilayahnya terus diguyur hujan lebat. Ia menduga air itu merupakan tumpahan air hujan.

Namun yang ia khawatirkan justru air itu berasal dari kawah. Sehingga warga takut terjadi longsor menimpa wilayahnya.

“Ketakutan kita air itu mengakibatkan longsor. Mudah-mudahan tak terjadi apa-apa,” harapnya.

Kepala Pos Pengamatan Gunungapi Galunggung Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gradita Trihadi mengaku aliran air terjun itu sudah lama terjadi. Penyebabnya diperkirakan adanya pergerusan dinding kawah Guntur.

“Tadi kami dari sana sebetulnya aliran air dari atas sana sudah berlangsung dari dulu. Cuma saat ini debit air lebih besar dikarenakan musim hujan,” ucapnya.

Aliran air dari Galunggung sangat kecil kemungkinan menimpa permukiman warga. Namun warga diimbau untuk tak turun ke kawah karena potensi longsor tinggi.

“Air yang mengalir itu tidak langsung masuk ke Sungai Cikunir dan Cibanjaran tapi masuk ke areal kawah Galunggung,” katanya. (MHI)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here